Jago Lagu
  • Minggu, 16 May 2021
  •  

Oops, BMKG: Atmosfer Tak Stabil dan Madden Picu Hujan Lebat di RI

Oops, BMKG: Atmosfer Tak Stabil dan Madden Picu Hujan Lebat di RI

Oops, BMKG: Atmosfer Tak Stabil dan Madden Picu Hujan Lebat di RI (Cnn)

YukCopas.my.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan hujan lebar mengguyur sejumlah wilayah karena kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil.

Melalui siaran persnya yang dikutip Selasa (8/12), selain kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil, ada ungkapan lagi yaitu, pertama aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin di wilayah Indonesia.

Di samping muncul pusaran angin (sirkulasi siklonik) yang terpantau di beberapa tempat yang dapat mendorong terbentuknya daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi).

"Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah," tulis Giswanto.

Wilayah-wilayah yang akan dilanda hujan lebat mulai 6 sampai 11 Desember 2020 antara lain:


- Aceh - Sumatera Utara - Sumatera Barat - Bengkulu - Kep. Bangka Belitung - Sumatera Selatan - Lampung - Banten - DKI Jakarta - Jawa Barat - Jawa Tengah - DI Yogyakarta - Jawa Timur - Kalimantan Barat - Kalimantan Tengah - Kalimantan Utara - Kalimantan Timur - Sulawesi Barat - Sulawesi Tengah - Sulawesi Tenggara - Sulawesi Selatan - Maluku - Papua Barat - Papua


"Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat atau petir, hujan es, dan lainnya) dan dampak yang dapat ditimbulkannya sesuai banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," pungkas Giswanto.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui:


- https://www.bmkg.go.id - Follow media sosial @infoBMKG - Aplikasi iOS dan android "Info BMKG" - Atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat (din/mik)


(CNN)

Total dibaca: 142x | Berikan Komentar!


Bram Dika Admaja
Penulis : Bram Dika Admaja
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (1)
Ayuk Kamila
08 Dec 2020, 07:10 WIB

info yang sangat menarik

Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
* Anda tidak memiliki akses untuk meninggalkan komentar *

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

BERITA POPULER

Ternyata JADWAL MotoGP Prancis 2021, Live Streaming Trans7  Ambisi Marc Marquez Raih Gelar Juara Dunia