Jago Lagu
Jago Lagu

Info Terkini, Twitch Punya Fitur untuk Tandai Pengguna "Toxic"

Info Terkini, Twitch Punya Fitur untuk Tandai Pengguna "Toxic"

Info Terkini, Twitch Punya Fitur untuk Tandai Pengguna "Toxic" (Kompas)

YukCopas.my.id - Twitch punya fitur baru untuk memberantas para pengguna toxic, alias pengguna yang berperilaku tidak baik atau kasar yang berkeliaran di platformnya.

Fitur bernama Suspicious User Detection ini dapat mendeteksi pengguna yang bandel dan dianggap mencurigakan. Maksud dari mencurigakan di sini adalah pengguna tersebut kemungkinan pernah berusaha menghindar dari pemblokiran.

Sebagaimana diketahui, kreator, streamer, atau owner sebuah channel (kanal) di Twitch dapat memblokir pengguna yang tidak diinginkan dari kanal mereka. Misalnya, jika pengguna tersebut kerap melontarkan kata-kata kasar.

Twitch Punya Fitur untuk Tandai Pengguna "Toxic"


4+

KOMPAS.com: Berita Terpercaya


Baca Berita Terbaru Tanpa Terganggu Banyak Iklan

Dapatkan Aplikasi

Nah, pengguna yang diblokir tersebut dapat saja membuat akun baru dan kembali ke kanal tersebut. Pengguna yang berperilaku sesuai inilah yang akan ditandai oleh fitur Suspicious User Detection ini.


Twitch akan menganalisis dan mendeteksi perilaku akun tersebut menggunakan Machine Learning. Jika mirip dengan akun yang pernah diblokir, maka mereka akanmelabeli akun tersebut sebagai "akun mencurigakan".


Nantinya tanda "akun mencurigakan" akan dapat dilihat oleh kreator atau owner kanal. Jadi, ketika "akun mencurigakan" itu masuk dan menonton kanal tertentu, sang owner kanal dapat memutuskan tindakan yang akan diambil. 


Menurut Director Product for Community Health Twitch, Alison Huffman, fitur ini hadir sebagai respons dari permintaan komunitas Twitch. Mereka menginginkan fitur yang dapat membantu memberantas para pengguna toxic.

"Kami merancang fitur ini untuk mempermudah moderator dan kreator konten untuk memberikan informasi terkait pengguna yang berpotensi telah menjalani Ban Evasion dari kanal lain," kata Alison, dikutip KompasTekno dari TheVerge, Rabu (1/12/2021).

Nantinya, pengguna yang termasuk dalam kategori ini bakal dilabeli dengan frasa "Suspicious User".


Menggunakan machine learning

Menurut pihak Twitch, pelabelan ini mengandalkan teknologi machine learning, di mana sistem bakal menelusuri kegiatan pengguna di platform tersebut, termasuk berbagai pesan yang pernah mereka kirimkan.

Terkait pesan, pengguna yang dianggap mencurigakan juga bakal dilabeli dengan dua kategori "Suspicious User", yaitu "Restricted" dan "Possible", ketika mereka mengirimkan pesan di jendela percakapan pada suatu kanal (Stream Chat).


Lihat Foto

KOMPAS.com/BILL CLINTEN


Ilustrasi pengguna mencurigakan yang sudah dilabeli dengan Restricted terkait Ban Evasion di Twitch.

Restricted berarti pengguna itu sangat mungkin pernah berupaya menghindari "ban". Sementara itu Possible berarti pengguna tersebut sedikit kemungkinannya untuk menjalani Ban Evasion, dan isi pesan sendiri masih dapat dilihat pengguna lainnya.

Namun, pengguna dapat menandai pengguna mencurigakan dalam kategori Possible ini, begitu juga memblokirnya, apabila memang dianggap berbahaya.


Menurut Twitch, fitur Suspicious User Detection sendiri sudah dapat digunakan pengguna dan diklaim bakal aktif secara default. Namun, mereka dapat menonaktifkannya melalui menu pengaturan.

Twitch turut menjelaskan bahwa fitur ini belum tentu 100 persen akurat mendeteksi pengguna yang sering menjalani Ban Evasion atau menghindar dari pemblokiran, terlebih di tahap-tahap awal peluncuran fitur tersebut.

Sehingga, pemantauan pengguna yang berperilaku tidak baik, begitu juga keputusan untuk memblokir pengguna lain, sepenuhnya memang ada di tangan pengguna itu sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

(KOM)

Total dibaca: 68x | Berikan Komentar!

Hosting Unlimited Indonesia


Oleh: Susi Azizah
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
* Beli Ketupat Beli Pepaya, Gimana Cara Koment Yaa? *
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

BERITA POPULER

Terbaru, Netizen Riuh Borong Susu Beruang, Beli Satu Kaleng Rp50 Ribu