Jago Lagu
Jago Lagu

Info Terkini, Ini Penjelasan dari Pembuat Fortnite soal Bangunan Mirip Kabah di Dalam Game

Info Terkini, Ini Penjelasan dari Pembuat Fortnite soal Bangunan Mirip Kabah di Dalam Game

Info Terkini, Ini Penjelasan dari Pembuat Fortnite soal Bangunan Mirip Kabah di Dalam Game (Kompas)

YukCopas.my.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno beberapa hari lalu meminta para jajarannya untuk mengkaji dan memblokir game besutan Epic Games, Fortnite karena dianggap bertentangan dengan nilai-nilai luhur keagamaan.

Permintaan itu layangkan oleh Menteri Parekraf setelah ada video yang menampilkan bangunan dalam gameplay Fortnite yang dinilainya mirip Kabah.

"Di game ini saya diberi tahu bahwa ada ikon yang dinilai mirip Kabah yang harus dihancurkan untuk memperoleh senjata baru dan naik ke level berikutnya," kata Sandiaga, dihimpun KompasTekno dari AntaraNews, Kamis (8/7/2021).

Ini Penjelasan dari Pembuat Fortnite soal Bangunan Mirip Kabah di Dalam Game


Epic Games selaku pembuat Fortnite sebenarnya sudah pernah menjelaskan perihal bangunan mirip Kabah di game tersebut.

Dalam sebuah posting Facebook akun resmi Fortnite wilayah Timur Tengah, Epic mengatakan bahwa konten Kabah yang sedang viral itu merupakan karya pemain Fortnite atau user generated content (UGC).


"Konten yang dimaksud merupakan sebuah pulau yang dibuat oleh pemain di mode 'Creative'. Bangunan suci Kabah yang berdiri di pulau itu juga tidak dapat dihancurkan," tulis Epic Games.

Epic Games melanjutkan, pihaknya menghormati semua agama yang dianut oleh para pemain dan terus bekerja sama dengan para pembuat konten, terutama di mode Creative, untuk membuat dan membagikan berbagai hal positif ke pemain lainnya.

Perusahaan asal California, Amerika Serikat ini juga menyertakan sebuah tautan yang dapat dibaca untuk melihat syarat dan ketentuan pembuatan konten di mode Creative. Informasinya dapat disimak di tautan berikut.


Menkominfo mengkaji, gandeng polisi


Lihat Foto


SHUTTERSTOCK

Bermain game Fortnite.

Merespon video gameplay Fortnite yang beredar tadi, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan bahwa pihaknya sedang mengkaji konten yang telah dipublikasikan sejak 17 Februari 2019 lalu di YouTube itu.


Apabila ada pelanggaran ruang digital dalam video game tersebut, maka Johnny memastikan pihaknya akan menjalani penindakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Johnny menambahkan, pihaknya juga tengah menjalani koordinasi dengan Polri guna mendalami beredarnya konten video game Fortnite yang memuat ikon mirip Kabah tersebut.


"Kementerian Kominfo sedang berkoordinasi kepada Kepolisian Republik Indonesia untuk menelusuri dan menindak pelaku yang mengkreasi konten tersebut," kata Johnny.


(KOM)

Total dibaca: 141x | Berikan Komentar!

Hosting Unlimited Indonesia


Oleh: Nina Vina Lovenya
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
* Beli Ketupat Beli Pepaya, Gimana Cara Koment Yaa? *
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

BERITA POPULER

Wow! Rakernas National Paralympic Committee of Indonesia: 16 Provinsi Belum Dapat Fasilitas Untuk Atlet