Jago Lagu

Hmmm, Pengguna iPhone Vs Android, Mana yang Lebih Setia?

Hmmm, Pengguna iPhone Vs Android, Mana yang Lebih Setia?

Hmmm, Pengguna iPhone Vs Android, Mana yang Lebih Setia? (Kompas)

YukCopas.my.id - Dunia smartphone saat ini praktis terbagi dua antara Android dan iOS. Pengguna Android berjumlah lebih banyak, tapi mereka ternyata tidak sesetia pemakai iPhone.

Menurut survei yang dilakukan oleh lembaga Consumer Intelligence Research Partner (CIRP), selama empat tahun terakhir, loyalitas pengguna Android mengalami penurunan. Sementara, kesetiaan pengguna iPhone terhadap perangkatnya justru meningkat secara perlahan.

Pada kuartal II-2021 misalnya, hasil riset CIRP menunjukkan bahwa loyalitas pengguna iPhone berada di angka 93 persen dan Android sekitar 88 persen.

Pengguna iPhone Vs Android, Mana yang Lebih Setia?


Riset ini CIRP dilakukan pada April 2021 hingga Juni 2021 dan diikuti oleh 500 responden melalui survei online.

Menariknya, data CIRP menunjukkan bahwa situasinya terbalik pada 2017 lalu, di mana tingkat kesetiaan pengguna Android unggul dengan angka 91 persen, dibandingkan 86 persen untuk iPhone. 


"Loyalitas dan peralihan ini menunjukan beberapa perubahan. Loyalitas pengguna iOS yang naik secara perlahan juga ikut mempengaruhi kondisi pangsa pasar," kata Mike Levin, Co Founder CIRP.

Beda merek, beda kesetiaan

Sebuah survei lain yang dilakukan oleh situs jual beli ponsel SellCell mengungkap bahwa tingkat kesetiaan pengguna antar merek ponsel ternyata juga berbeda-beda.


Survei SellCell melibatkan 5.000 partisipan yang merupakan pengguna perangkat seluler di Amerika Serikat. Hasilnya menunjukkan bahwa loyalitas pengguna Apple (iPhone) sangat tinggi, yaitu berada di angka 92 persen, naik 1,5 poin dari 2019 lalu.


Selama periode yang sama, loyalitas pengguna Android yang memakai produk Samsung turun dari 85,7 persen menjadi 74 persen. Artinya, sebagian besar pengguna Samsung memilih merek yang berbeda saat mereka ingin mengganti perangkat baru.


Adapun 53 persen pengguna Samsung mengatakan bahwa mereka tertarik untuk beralih ke iPhone, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Jumat (6/8/2021).

Pengguna merek Android lainnya pun tidak terlalu setia. Pixel misalnya, ponsel besutan Google ini mengalami penurunan loyalitas dari 84 persen pada 2019 menjadi 65,2 persen di 2021.

Sementara itu, Motorola dan LG juga bernasib buruk, dengan tingkat loyalitas masing-masing sebesar 71 persen dan 62,6 persen.


Alasan berpaling ke lain ponsel

Salah satu ungkapan mengapa seseorang memilih untuk beralih ke merek lain yaitu adalah soal privasi. Riset SellCell mengungkap bahwa 31,5 persen responden memutuskan untuk beralih dari Samsung ke iPhone dengan ungkapan tersebut.


Dari 25,2 persen responden yang di survei mengatakan bahwa mereka akan meninggalkan Samsung karena harga yang ditawarkan oleh produk lain lebih menarik.


Sedangkan, sekitar 38 persen pengguna iPhone menyebut bahwa teknologi yang dihadirkan pada merek lain menjadi ungkapan mereka untuk berpaling.

Kemudian, 26,4 persen pengguna iPhone lainnya lebih menyukasi desain ponsel merek lain. Lalu 12,9 persen sisanya memutuskan pindah ke Android karena tertarik dengan fitur-fitur baru yang ditawarkan.

(KOM)

Total dibaca: 94x | Berikan Komentar!


Oleh: Ayuk Kamila
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
* Beli Ketupat Beli Pepaya, Gimana Cara Koment Yaa? *
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

BERITA POPULER

Tidak Disangka, Kongres PSSI Akan Sahkan Perubahan Nama 6 Klub