Jago Lagu
Jago Lagu

Cari Tahu, Kesan Pertama Menonton Video di Layar Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G

Cari Tahu, Kesan Pertama Menonton Video di Layar Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G

Cari Tahu, Kesan Pertama Menonton Video di Layar Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G (Kompas)

YukCopas.my.id - Setelah duo Galaxy Tab S7 dan Galaxy S7 Plus yang hadir di Indonesia pertengahan tahun lalu, Samsung kembali menghadirkan model terkini dari lini tablet Androidnya, yakni Galaxy Tab S7 FE 5G.

Dengan diagonal 12,4 inci, layar perangkat ini lebih besar dibandingkan Galaxy Tab S7 (11 inci) dan menyamai Galaxy Tab S7 Plus. Tampilan layarnya pun terkesan lega, apalagi bingkai (bezel) yang mengelilinginya terbilang tipis dengan ketebalan hanya 8,9 inci.

Rasio perbandingan layar terhadap bodi Galaxy Tab S7 FE hingga 84,6 persen. Sementara, resolusinya adalah 2.560 x 1.600 pixel dengan refresh rate 60 Hz. Panel display yang digunakan adalah TFT LCD sesuai milik Galaxy Tab S7.

Kesan Pertama Menonton Video di Layar Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G


Meskipun bukan AMOLED, dari pengalaman KompasTekno menjajalnya untuk menonton konten video streaming, layar Galaxy Tab S7 FE ternyata mampu menampilkan gambar dengan tingkat kontras dan saturasi yang tinggi.

Kesan jernih diperkuat oleh resolusi layarnya yang terbilang tinggi pula. Namun, tentu saja ini harus diimbangi oleh resolusi konten video yang ditampilkan. Minimal 1080p agar pengalaman menonton maksimal.


Ketika berada di lingkungan outdoor, layar Galaxy Tab S7 FE yang memiliki tingkat kecerahan maksimal hingga 600 nits, sanggup mengimbangi terangnya cahaya, sehingga konten yang ditampilkan di layar masih dapat dilihat dengan jelas.

Supaya nyaman dan menghindari pantulan, sebaiknya kegiatan menonton dilakukan di tempat teduh.

Suara stereo, volume lantang


Hal lain yang tak kalah penting saat menyaksikan film atau serial TV favorit adalah keluaran audio. Galaxy Tab S7 SE memiliki dua buah speaker yang ditempatkan di sisi kiri dan kanan layar, ketika perangkat berada dalam orientasi landscape (horizontal).


Jumlahnya memang hanya setengah dari pengeras suara yang dimiliki kedua kakaknya, tapi kedua speaker Galaxy Tab S7 FE sudah cukup untuk menghasilkan efek stereo saat menonton video.


Jadi, alih-alih hanya dari satu sisi, audio tablet keluar dari sisi kiri dan kanan, sehingga terdengar seimbang sekaligus menghasilkan efek positional.

Lihat Foto

KOMPAS.com/ OIK YUSUF


Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G dibekali sepasang speaker di sisi kiri dan kanan (dalam orientasi landscape) sehingga mampu menghasilkan audio stereo

Walaupun mungkin terkesan sepele, perbedaan audio yang dihasilkan speaker stereo Galaxy Tab S7 FE - dibanding tablet lain yang speaker-nya hanya ada di satu sisi - jelas terdengar, baik saat menonton ataupun mendengar musik sambil bekerja.

Tak ada lagi kesan timpang, karena suara hanya keluar dari sisi kiri atau kanan.


Kualitas audio dari sepasang speaker hasil racikan AKG ini terdengar menarik untuk ukuran tablet. Jangan berharap dentuman bass yang menggelegar dan menggetarkan dengkul. Tapi setidaknya suara terdengar jelas, jernih, dan lantang tanpa sember.

Sepasang speaker di Galaxy Tab S7 FE ternyata juga memiliki volume lumayan tinggi. Cukup untuk mengisi kamar berukuran kecil dengan musik, tanpa perlu repot menyambungkan speaker bluetooth.

Bodi besar, baterai pun bongsor

Lebarnya layar Galaxy Tab S7 FE memberikan keuntungan lain, yakni kapasitas baterai yang dapat dibuat besar pula, hingga 10.090 mAh atau sekitar 2.000 mAh lebih besar dibandingkan baterai salah satu kakaknya, Galaxy Tab S7 yang berukuran fisik lebih kecil.

Samsung mengklaim daya tahan baterai Galaxy Tab S7 FE dapat bertahan selama 13 jam apabila digunakan untuk memutar video 720p secara terus menerus. Daya tahan baterai dapat bervariasi karena dipengaruhi oleh pola pemakaian perangkat.


Samsung menyertakan fast adaptive charger berdaya 15 watt di kemasan Galaxy Tab S7 FE.

Namun, tablet ini sebenarnya mendukung fast charging dengan daya hingga 45 watt, sehingga baterainya dapat diisi lebih cepat lagi asalkan pengguna memiliki charger yang sesuai (100 persen dalam 190 menit, menurut klaim Samsung).

Lihat Foto


KOMPAS.com/ OIK YUSUF

Selain berguna untuk bekerja, Book Cover Keyboard Galaxy Tab juga dapat digunakan sebagai penopang tablet saat meletakkannya di meja untuk menonton

Untuk menghemat penggunaan baterai dalam perjalanan, pengguna Galaxy Tab S7 FE dapat mengunduh serial TV kesukaan terlebih dahulu, dengan jaringan Wi-Fi di rumah atau kantor.

Jadi, ketika nanti hendak menonton, perangkat tak perlu lagi online dengan tersambung ke jaringan seluler/ Wi-Fi.

Kapasitas memori internal sebesar 128 GB terbilang masih cukup memadai untuk keperluan ini. Mungkin dapat menyimpan film seri hingga beberapa season kalau episode-nya tidak terlalu banyak.

Untungnya, Samsung turut menyediakan opsi ekspansi storage dengan kartu memori microSD hingga 1 TB.

Pemilik Galaxy Tab S7 FE pun tak perlu khawatir kehadapatn ruang penyimpanan. Dari pabrik, kapasitas memori internal 128 GB hanya terisi belasan persen oleh sistem operasi dan aplikasi bawaan.

Layar lebar, multitasking nyaman

Satu "efek samping" dari layar lebar Galaxy Tab S7 FE yang tak disangka KompasTekno adalah tablet ini jadi nyaman dan praktis digunakan untuk multi-tasking.

Jendela-jendela aplikasi yang terbuka bersamaan dapat dilihat dengan nyaman. Huruf-huruf jelas terbaca tanpa perlu berusaha keras memfokuskan mata.

Maklum, ukuran layar Galaxy Tab S7 FE memang mendekati laptop 13 inci. Membuka situs-situs web versi desktop pun terasa menyenangkan, karena semua elemen visual dapat tampil tanpa terkesan dipaksakan muat sesuai pada tablet berukuran kecil.

Dengan SoC Qualcomm Snapdragon 750G dan RAM 6 GB, Galaxy Tab S7 FE terasa lincah berpindah-pindah antar-aplikasi yang terbuka.

Supaya pengguna tak perlu sering-sering mengunjungi menu multi-tasking Android, Samsung menyediakan opsi untuk membuka tiga jendela aplikasi sekaligus di satu tampilan layar. Ukuran jendela-jendela tersebut dapat diubah-ubah sesuai kehendak.

Lihat Foto

KOMPAS.com/ OIK YUSUF

Tampilan layar Galaxy Tab S7 FE 5G saat membuka tiga jendela aplikasi sekaligus dalam ukuran berbeda-beda

KompasTekno, misalnya, dapat membuka browser Chrome di setengah layar sebelah kiri, mengetik dengan aplikasi Notes di 2/3 layar kanan atas, dan mendengar musik dari Spotify yang terbuka di 1/3 layar sisi kanan bawah.

Seperti menonton film serial TV, bekerja di Galaxy Tab S7 FE terasa nyaman, lagi-lagi karena layarnya yang besar itu.

Sedikit catatan, ukuran besar berarti bobot yang berat pula. Tablet ini memiliki bobot sekitar 600 gram dan kurang nyaman apabila berlama-lama digenggam hanya dengan tangan tanpa penopang.

Solusinya, taruh saja di pangkuan, atau di meja. Pengguna dapat memanfaatkan Book Cover yang dijual terpisah oleh Samsung untuk memfasilitas keperluan ini.

Cover keyboard pun dapat diberdayakan sebagai penyangga saat ingin rehat sejenak dari pekerjaan dan menonton video.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

(KOM)

Total dibaca: 60x | Berikan Komentar!


Oleh: Putri Cantika
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
* Beli Ketupat Beli Pepaya, Gimana Cara Koment Yaa? *
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

BERITA POPULER

Parah! Banyak Diskon, Ini Katalog Promo Indomaret 2224 Oktober 2021