Jago Lagu

Waduh! DKI Sedia Telemedisin untuk Isoman, Makassar Siapkan Kapal

Waduh! DKI Sedia Telemedisin untuk Isoman, Makassar Siapkan Kapal

Waduh! DKI Sedia Telemedisin untuk Isoman, Makassar Siapkan Kapal (Cnn)

YukCopas.my.id - Sejumlah daerah merespons kasus warga yang kesulitan hingga meninggal saat menjalani isolasi mandiri dengan mengandalkan telemedisin hingga pembukaan lokasi isolasi terpusat di kapal. Tujuannya, mengurangi kepadatan di Rumah Sakit.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya sudah menyediakan layanan telemedisin yang juga memberikan bantuan obat-obatan gratis.

"Terkait obat sebetulnya pemerintah sudah menyiapkan melalui telemedicine. Jadi masyarakat tinggal mengajukan secara online, nanti segera dikirim," ungkap dia, saat meninjau program vaksinasi di Universitas Budi Luhur, Rabu (14/7).

DKI Sedia Telemedisin untuk Isoman, Makassar Siapkan Kapal


Riza pun mengklaim seharusnya tak ada masalah obat bagi pasien isolasi mandiri dengan keberadaan layanan ini. 

"Supaya warga tidak ada lagi kesulitan menerima vitamin dan kebutuhan lain. Supaya ada komunikasi dengan nakes," lanjutnya.


Terpisah, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto alias Danny bekerjasama dengan otoritas pelabuhan terkait penyediaan kapal PT Pelni untuk menjadi lokasi isolasi apung di Pulau Lae-lae, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Danny menyebut kriteria pasien Covid-19 yang berhak di isolasi apung ini ialah pasien yang memiliki gejala ringan dan sedang. Sementara yang berat akan tetap di rawat di Rumah Sakit (RS).

"Jadi kami akan konsultasikan dengan teman-teman dokter dan para ahli kesehatan yang jelas adalah kita ingin mendukung rumah sakit, rumah sakit jangan penuh karena orang bergejala ringan saja," ujar Danny, saat meninjau kapal tersebut, Selasa (13/7).


"Padahal orang bergejala berat dan sedang tidak terlayani, karena dipenuhi dengan bergejala ringan apalagi OTG. Ini kita akan pisahkan. Jadi ringan dan OTG jangan di rumah sakit, tinggal di sini saja sedangkan yang gejala berat biar di rumah sakit," tuturnya.


Kapal penumpang dengan 900 tempat tidur ini merupakan kapal penumpang milik PT Pelni yang dihentikan sementara pengoperasiannya akibat pandemi Covid-19.


Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil alias Emil mengatakan pihaknya menyiapkan dua gedung asrama Telkom University, Kabupaten Bandung, dengan kapasitas 260 tempat tidur. Tujuannya, menekan angka keterisian tempat tidur (bed occupancy rate/BOR) di rumah sakit.

"Makanya tahap satu arahan saya tolong dikebut segera dalam dua hari ini," ucap Emil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (13/7).

Lokasi Isoman Terpusat


HALAMAN :

1


2


(CNN)

Total dibaca: 258x | Berikan Komentar!

Hosting Unlimited Indonesia


Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

BERITA POPULER

Hmmm, Usai Beli Saham Twitter, Elon Musk Buat Polling Fitur Edit Cuitan