Jago Lagu
Jago Lagu

Update Terbaru, BIN: KKB Mau Gagalkan PON Agar Papua Disorot Internasional

Update Terbaru, BIN: KKB Mau Gagalkan PON Agar Papua Disorot Internasional

Update Terbaru, BIN: KKB Mau Gagalkan PON Agar Papua Disorot Internasional (Cnn)

YukCopas.my.id - Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letjen TNI Purn Teddy Lhaksmana Widya Kusuma mengatakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua meningkatkan aksi teror beberapa waktu teror bertujuan untuk menggagalkan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Oktober mendatang.

Teddy menyebut KKB ingin menggagalkan pelaksanaan PON demi menyita perhatian internasional.

"KKB juga bermaksud menggagalkan PON untuk menciptakan instabilitas untuk menarik perhatian dunia," kata Teddy saat menggelar rapat terkait Otsus Papua di DPR, Kamis (27/5).

BIN: KKB Mau Gagalkan PON Agar Papua Disorot Internasional


Teddy mengatakan KKKB juga aktif menjalani teror secara khusus di wilayah Kabupaten Puncak, Papua. Mereka juga menjalani konsolidasi rutin berkenaan dengan TNI-Polri yang berjaga di wilayah tersebut.

"Khusus di kabupaten puncak, KKB menjalani aksi teror dengan senjata aktif," kata dia.


Hingga saat ini, kata Teddy, aksi teror masih terus meningkat di wilayah Papua. Dia menyebut masih ada beberapa kelompok kriminal bersenjata yang tersebar di wilayah Pegunungan Tengah Papua.

Jika dirinci, KKB tersebut berada di wilayah Kabupaten Intan Jaya, Kabupaten Lani Jaya, Kabupaten Mimika atau distrik Tembagapura, Kabupaten Nduga, Kabupaten Paniai, Kabupaten Puncak Jaya, dan Kabupaten Pegunungan Bintang. .

"Saat ini yang aktif di Kabupaten Puncak dan Intan Jaya adalah kelompok Tabuni, kelompok Lelagak dan, Militer Murib," kata dia.


Teddy mengatakan BIN terus memberi dukungan kepada Satgas TNI-Polri untuk terus mengejar dan menumpas KKB. Salah satunya dengan memutus jaringan logistik.


"Dan juga memberdayakan kelompok pendukung Otsus Papua serta menciptakan opini kontra propaganda KKB dengan menggunakan pakar hukum dam pengamat guna melemahkan provokasi KKB," kata dia.


(tst/bmw)

(CNN)

Total dibaca: 187x | Berikan Komentar!


Oleh: Nina Vina Lovenya
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
* Beli Ketupat Beli Pepaya, Gimana Cara Koment Yaa? *
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

BERITA POPULER

Waduh! Cerita Prabu, Sediakan Wifi Gratis untuk Anakanak Belajar Daring di Kampungnya