Jago Lagu
Jago Lagu
  • Minggu, 28 Feb 2021
  •  

Bagaimana Bisa? Permintaan Nikel Melonjak, Begini Prospek Saham ANTM yang Diramal Kaesang Bakal Cuan

Bagaimana Bisa? Permintaan Nikel Melonjak, Begini Prospek Saham ANTM yang Diramal Kaesang Bakal Cuan

Bagaimana Bisa? Permintaan Nikel Melonjak, Begini Prospek Saham ANTM yang Diramal Kaesang Bakal Cuan (Kompas)

PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) saat ini sedang berada dalam tren naik.

Hal ini terjadi lantaran saham tambang plat merah ini menerima sentimen dari demand nikel yang besar untuk pembuatan mobil listrik.

Melansir RTI, pada penutupan perdagangan Kamis (7/1/2021) sore, saham ANTM meroket 17,12 persen ke level 2.600 per saham.


Bahkan, dalam cuitan di Twitter, putra Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep meramal ANTM berpeluang tembus ke level 4.000 per saham.

"Yup sudah jebol, nunggu sampe 4000," ucap Kaesang membalas cuitan @oscarchrstt mengutip akun Twitternya, @kaesangp, Kamis (7/1/2021).


Analis Sucor Sekuritas Hendriko Gani mengatakan, ANTM menerima sentimen positif dari demand nikel yang besar untuk penggunaan baterai mobil listrik dan Energi Baru Terbarukan ((EBT).

“ANTM menerima sentimen positif terkait rencana penggunaan baterai mobil listrik dan energi terkinikan, penguatan harga komoditas nikel dan juga sentimen dari pembentukan Indonesia Baterry Holding (IBH) oleh ANTM dan BUMN lainnya,” kata Hendriko kepada Kompas.com.

Hendriko juga mengatakan, rencana perusahaan mobil listrik Tesla milik miliarder Elon Musk yang akan memarkirkan investasi mobil listrik di dalam negeri juga menjadi sentimen pegerakan ANTM kian berkilau.


“Secara technical ANTM sudah tidak memiliki resisten karena telah hingga all time high dan dapat mengikuti trend naik ANTM dalam menjalani trading,” jelas Hendriko.

Sementara itu, analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji merekomendasikan investor untuk menjalani hold atau tahan saham ANTM, dengan target harga saham Rp 2.880 per saham.


Dia mengatakan, pergerakan saham ANTM terdorong oleh beberapa sentimen diantaranya euphoria masuknya investor asing untuk pengembangan mobil listrik.

“Sentimen pergerakan saham ANTM antara lain, euforia masuknya para pelaku investor (asing) yang berkomitmen mengembangkan pabrik baterai listrik untuk electric vehicle, stimulus fiskal dari pemerintah, hilirisasi industri, kenaikan harga komoditas, dan naiknya kinerja fundamental perusahaan di tahun ini,” jelas Nafan.


Lanjar Nafi, Analis Reliance Sekuritas berkomentar, strategi pemerintah menutup semua export nikel yang belum diolah menjadi langkah awal menjadikan indonesia produsen nikel terbesar di dunia.


Ditambah lagi, pujian Elon Musk yang merupakan bos Tesla kepada Indonesia dan adanya holding Indonesia battery.

“Hal ini menjadi signal minat investor asing untuk kembali invest di Indonesia. Tentu ini akan menambah pundi-pundi pendapatan ANTM kedepan. Saat ini memang belum terlihat secara kinerja akan tetapi prospek kedepan cukup menjanjikan di era energy bersih,” jelas Lanjar.

Lanjar mengatakan, berdasarkan indikator stochastic bergerak pada area jenuh beli, dan berdasarkan indikator RSI masuk pada momentum yang cukup mahal jangka pendek.


Sehingga bagi yang takut kehilangan momentum dapat hold akan tetapi bagi yang ingin mencari harga terbaik dapat sell on strength terlebih dahulu untuk “amankan keuntungan” dengan level stop-loss, apabila break out support di level 2.550.

“Secara teknikal ANTM overbought setelah overshoot resistance pivot fibonacci 261,8 persen di level 2.550. Harga saat ini telah hingga kisaran target flag pattern dan untuk investasi jangka panjang sangat berprospek,” ungkap Lanjar.

Saham ANTM pada penutupan perdagangan kemarin mencatakan nilai transaksi hingga Rp 4,95 triliun dengan volume 1,98 juta saham.

Selama sepekan, harga saham ANTM melonjak 107,17 persen, dan secara year to date (YtD) menguat 220 persen.

Aktifkan Notifikasimu


Jadilah yang pertama menerima update berita penting, topik menarik, dan informasi lainnya

Aktifkan

Belum berhasil mengaktifkan notifikasi Kompas.com? Klik di sini

(KOM)

Total dibaca: 82x | Berikan Komentar!


Bram Dika Admaja
Penulis : Bram Dika Admaja
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
* Anda tidak memiliki akses untuk meninggalkan komentar *

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

BERITA POPULER

Update, Kapal Nelayan Ditabrak Tanker, 14 ABK Buat Rakit untuk Selamatkan Diri, Hanya 2 Orang yang Selamat