Jago Lagu
Jago Lagu

Cari Tahu, Asal Asteroid yang Hantam Bumi Musnahkan Dinosaurus Terungkap

Cari Tahu, Asal Asteroid yang Hantam Bumi Musnahkan Dinosaurus Terungkap

Cari Tahu, Asal Asteroid yang Hantam Bumi Musnahkan Dinosaurus Terungkap (Cnn)

YukCopas.my.id - Para peneliti dari Southwest Research Institute (SwRI), Texas berhasil melacak asal mula asteroid yang menabrak Bumi 60 juta tahun lalu dan memusnahkan dinosaurus.

Mereka melacak jejak asal mula asteroid jutaan tahun yang lalu ini menggunakan kombinasi simulasi geologi dan komputer.

Kombinasi keduanya membuat tim peneliti SwRI dapat memecahkan rahasia arkeologi dan astronomi yang sudah berlangsung jutaan tahun lalu. Salah satunya melacak jejak asteroid yang membunuh dinosaurus.

Asal Asteroid yang Hantam Bumi Musnahkan Dinosaurus Terungkap


Sekitar 66 juta tahun yang lalu, sebuah asteroid besar berukuran sekitar 10 kilometer menabrak Bumi di dekat Meksiko. Benturan ini menyisakan kawah Chicxulub, berdiameter 180 kilometer di semenanjung Yukatan, Meksiko.

Peristiwa tersebut menyebabkan kepunahan massal yang memusnahkan hampir 75 persen semua spesies tumbuhan dan hewan termasuk dinosaurus non-unggas.


Kini dengan menggunakan studi pemodelan komputer tentang evolusi asteroid dan data dari asteroid yang diketahui, tim dari AS itu telah menyelidiki dari mana asteroid itu berasal.

3 Jenis Tambang Asteroid yang Bisa Buat Warga Bumi Kaya Raya

Mereka juga dapat memperkirakan seberapa sering "peristiwa Chicxulub" ini terjadi. Saat ini sebagian besar peneliti mulai sepakat bahwa tabrakan asteroid lah yang menjadi penyebab punahnya dinosaurus. Hasil penelitian dipublikasikan bulan lalu di Icarus.


"Kami memutuskan untuk mencari di mana saudara dari asteroid yang menabrak Chicxulub mungkin bersembunyi," kata David Nesvorný, penulis utama studi tersebut.


Para peneliti lantas mempelajari sabuk asteroid utama yang terletak di antara orbit Mars dan Jupiter. Menurut NASA, sabuk ini diperkirakan berisi antara 1,1 hingga 1,9 juta asteroid berdiameter lebih dari 1 kilometer, serta jutaan asteroid yang lebih kecil.


Dengan menggunakan model komputer, mereka mempelajari bagaimana benda luar angkasa itu dapat lepas dari orbitnya di sabuk asteroid.

Cara Asteroid Melesat ke Bumi dan Kemungkinan Berasal dari Luar Tata Surya

HALAMAN :


1


2


(CNN)

Total dibaca: 90x | Berikan Komentar!

Hosting Unlimited Indonesia


Oleh: Meira Permata Sari
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
* Beli Ketupat Beli Pepaya, Gimana Cara Koment Yaa? *
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

BERITA POPULER

Parah! Rincian Harta Kekayaan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri Terbaru