Jago Lagu
Jago Lagu

Update, Wagub soal RTH Pindah ke Puncak: Jakarta Miliki Keterbatasan

Update, Wagub soal RTH Pindah ke Puncak: Jakarta Miliki Keterbatasan

Update, Wagub soal RTH Pindah ke Puncak: Jakarta Miliki Keterbatasan (Cnn)

YukCopas.my.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pemindahan pemenuhan ruang terbuka hijau (RTH) yang dibutuhkan Jakarta ke wilayah Puncak, Bogor, dilakukan lantaran keterbatasan lahan di Ibu Kota.

Ia juga menyampaikan pemindahan itu merupakan akibat dari keterkaitan wilayah antara Jakarta dan daerah sekitar.

"Jadi di DKI ini, di ibu kota ini kita akan memiliki keterbatasan. Jadi terkait RTH tidak hanya RTH itu dihadirkan di Jakarta, tapi juga di Jabodetabekpunjur. Jadi termasuk di Puncak, di Bogor, di Bekasi. Semua ini merupakan satu kesatuan yang tidak dipisahkan dengan Jakarta, harus saling mendukung daerah-daerah penyangga dan dibutuhkan RTH yang lebih banyak dan lebih luas," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Kamis (11/11) malam.

Wagub soal RTH Pindah ke Puncak: Jakarta Miliki Keterbatasan


Ia mengatakan, bagi pemerintah, pembuatan RTH di daerah sekitar Jakarta adalah langkah yang lebih cepat, mudah dan murah untuk pemenuhan kekurangan 21 persen RTH di Jakarta.

Pemerintah Ingin Ubah Aturan Agar RTH Jakarta Dialihkan ke Puncak


"Seperti kita tahu Jakarta ini kan daerahnya sangat dataran rendah, air kiriman dari daerah-daerah yang lebih tinggi itu dapat diatasi di antaranya adalah memperluas luasan ruang terbuka hijau, termasuk dibangunnya waduk Cimahi juga waduk Ciawi mudah-mudahan akhirnya tahun ini sudah dapat difungsikan lebih optimal," katanya.

Kementerian ATR/BPN sebelumnya berencana memindahkan pemenuhan ruang terbuka hijau (RTH) di DKI Jakarta ke daerah Puncak, Bogor, guna mengatasi persoalan banjir di Jakarta, dan memastikan perbaikan lingkungan di wilayah hulu.

Wacana tersebut diutarakan Menteri ATR/BPN Sofyan A Djalil dalam rangkaian peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (HANTARU) 2021 di kantornya, Jakarta, pekan lalu. Sofyan mengatakan hal itu sebagai bagian dari kolaborasi bersama menyelamatkan puncak.


Mengutip dari situs BPN, Sofyan mengatakan RTH di Jakarta yang masih jauh dari target itu akan dikaji ulang agar dapat dipindahkan pemenuhannya ke daerah Puncak.


"Bagaimana kita mengatasi Puncak ini? Kalau kita bekerja bersama, saya akan mengubah aturan tentang RTH Jakarta. Sekarang kita tafsirkan di Undang-Undang tentang RTH itu, tidak boleh lagi. Tidak lagi berdasarkan wilayah-wilayah terkecil, tapi sebuah kawasan. Kita akan mengubah konsep RTH karena sekarang di Jakarta tidak mungkin menambah 21 persen RTH yang tersisa," ujar Sofyan saat membuka Talkshow "Kolaborasi dalam Penyelamatan Kawasan Puncak Bogor" yang digelar secara daring dan luring di Aula Prona Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Jumat (5/11).


Pemprov DKI Dorong Warga Jakarta Berallh Gunakan Air Perpipaan

(ain/ain)


(CNN)

Total dibaca: 111x | Berikan Komentar!

Hosting Unlimited Indonesia


Oleh: Ayuk Kamila
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
* Beli Ketupat Beli Pepaya, Gimana Cara Koment Yaa? *
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

BERITA POPULER

Oops, Raket Kayu Buatan Sang Ayah Antar Apriyani Rahayu Raih Medali Emas di Olimpiade Tokyo 2020