Jago Lagu
Jago Lagu

Update Terbaru, Merger Empat BUMN Pelabuhan, Pengamat Kebijakan Publik Bilang Begini Soal Itu

Update Terbaru, Merger Empat BUMN Pelabuhan, Pengamat Kebijakan Publik Bilang Begini Soal Itu

Update Terbaru, Merger Empat BUMN Pelabuhan, Pengamat Kebijakan Publik Bilang Begini Soal Itu (Tribun)

YukCopas.my.id - Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Pemerintah tengah memproses penggabungan atau merger PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I, II, III, IV.

Merger tersebut ditargetkan terlaksana pada Oktober 2021.

Merger Empat BUMN Pelabuhan, Pengamat Kebijakan Publik Bilang Begini Soal Itu


Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio mengingatkan, ketika perusahaan dilakukan penggabungan maka akan ada persoalan Sumber Daya Manusia (SDM) dan dengan pihak ketiga atau pengguna. 

"Belum ada perusahaan yang dimerger terus untung. Itu tantangan. Jangan digabung malah rugi," ujar Agus kepada Tribunnews.com, Kamis (2/9/2021).


Agus menyoroti perkembangan pelabuhan di Indonesia. Terutama agar dapat bersaing dengan pelabuhan di Malaysia dan Singapura.

Pekerjaan Rumah (PR) untuk Pelindo, kata Agus, Pelabuhan Tanjung Priok cukup jauh dari Selat Malaka, yang merulakan jalur pelayaran dan perdagangan yang sangat penting.

"Kita terlalu jauh di Pulau Jawa, logistik kita mahal. Padahal kalau mau bersaing harusnya di Pelabuhan Kuala Tanjung bukan di Tanjung Priok. Kalau mau bersaing harus mendekat. Jalur internasional ada di Selat Malaka. Strategis itu Bitung sama Kuala Tanjung tapi dua-duanya tidak masuk radar 1 pemerintah malah di Patimban," imbuh Agus.


Agus mengatakan pentingnya tujuan merger untuk membesarkan korporasi. Ia mengingatkan, jangan sampai biaya konsultan untuk Pelindo tidak sebanding dengan keuntungan yang diperoleh setelah dimerger.


Sebelumnya pemerintah resmi mengumumkan rencana penggabungan atau merger empat BUMN Pelabuhan yakni PT Pelindo I (Persero), PT Pelindo II (Persero), PT Pelindo III (Persero), dan PT Pelindo IV (Persero).


Rencananya merger secara resmi akan dilakukan pada 1 Oktober 2021. Lewat penggabungan tersebut maka keempat BUMN akan menjadi satu perusahaan bernama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo.

(TRI)

Total dibaca: 96x | Berikan Komentar!


Oleh: Meira Permata Sari
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
* Beli Ketupat Beli Pepaya, Gimana Cara Koment Yaa? *
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

BERITA POPULER

Cari Tahu, Jadi Technical Supplier Gresini Racing Di MotoGP 2021, Ridingstyle Keluarkan Official Merchandise