Jago Lagu
Jago Lagu

Update, Jengkol Tembus Pasar Ekspor Jepang

Update, Jengkol Tembus Pasar Ekspor Jepang

Update, Jengkol Tembus Pasar Ekspor Jepang (Cnn)

YukCopas.my.id - Jengkol yang dapat menimbulkan aroma tidak sedap ternyata digemari oleh warga di belahan dunia yang lain bahkan hingga ke Jepang.

Kini jengkol atau jering asal Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat berhasil menembus pasar ekspor hingga ke negeri sakura Jepang.

Dikutip dari Antara, berdasarkan data yang dihimpun dari Karantina Pertanian Padang lewat pada sistem perkarantinaan, IQFAST di wilayah kerjanya, jengkol asal Sumbar sebelumnya belum pernah sama sekali masuk pasar ekspor.

Jengkol Tembus Pasar Ekspor Jepang


Kemendag Blokir Jasa Cetak Kartu Vaksin Covid-19 di Online

Namun, tercatat sebanyak 100 kilogram jengkol diekspor tujuan Tokyo, Jepang telah melewati sertifikasi karantina pertanian.


Buah yang masuk kategori polong-polongan dengan nama latin archidendron pauciflorum ini tidak disangka masuk dalam jajaran komoditi ekspor pertanian, meskipun volumenya masih relatif kecil.

Artinya peluang komoditas pertanian asal Sumbar di pasar luar negeri terus terbuka setelah banyak komoditas pertanian Sumbar berhasil melenggang di pasar mancanegara, kini giliran jengkol masuk ke Jepang.

Meskipun menurut informasi dari eksportir bahwa permintaan jengkol ke Jepang adalah dari perantau Minang di negara itu, akan tetapi ini dapat menjadi catatan penting bahwa mata komoditi yang dapat diekspor semakin bertambah.


Ekonom Nilai Harga Tes PCR Turun Penting untuk Tracing Corona


Demikian juga dari sisi nilai ekspor jengkol, saat ini dapat saja masih relatif kecil, akan tetapi jika permintaan semakin sering dengan jumlah meningkat bukan tidak mungkin jengkol menjadi salah satu andalan ekspor komoditi pertanian ke depan.


Bentuk ekspornya, dapat selain dalam bentuk buah utuh, dapat juga dalam bentuk pangan olahan.

Di dalam negeri, di sejumlah daerah bahkan harga 1 kg jengkol sering kali menembus harga tinggi yang bahkan dapat melebihi harga 1 kg daging ayam, atau mendekati harga 1 kg daging. Tentu ini menjadi untuk memenuhi pasar ekspor, harga jengkol juga dipastikan akan melebih harga di dalam negeri.

Tidak hanya jengkol, sepanjang Januari hingga Februari 2021 sebanyak 1,8 ribu ton manggis asal Sumatera Barat diekspor ke China menggunakan pesawat khusus dari Bandara Internasional Minangkabau.


Saham 'Seksi' di Tengah Lonjakan Harga Komoditas

Kepala Karantina Pertanian Padang Iswan Haryanto mengatakan kendati saat pandemi akses penerbangan ke sejumlah negara terbatas, tidak mempengaruhi pengiriman komoditas pertanian asal Sumbar ke mancanegara.

Untuk ekspor manggis ada trend positif, eksportir sampai menyewa pesawat khusus penerbangan rute Padang-Guangzhou secara khusus guna memenuhi permintaan manggis di negara itu.



Oleh sebab itu, ia menilai tingginya permintaan pasar luar negeri manggis harus didukung dengan pemenuhan persyaratan negara tujuan.

Untuk itu pelaku usaha harus terus meningkatkan kualitas serta kuantitas eksport demi menyukseskan program gerakan tiga kali lipat ekspor komoditas pertanian asal Sumbar. Dari data sistem perkarantinaan IQFAST d tren ekspor manggis asal Sumbar mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

(Antara/age)

(CNN)

Total dibaca: 109x | Berikan Komentar!


Oleh: Putri Cantika
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
* Beli Ketupat Beli Pepaya, Gimana Cara Koment Yaa? *
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

BERITA POPULER

Terbaru, PVMBG Bongkar Tekateki Surut Parah Air Danau Kelimutu