Jago Lagu
Jago Lagu
  • Jumat, 14 May 2021
  •  

Ternyata Prospek Ekonomi Dunia Membaik, IMF Bakal Revisi Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2021

Ternyata Prospek Ekonomi Dunia Membaik, IMF Bakal Revisi Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2021

Ternyata Prospek Ekonomi Dunia Membaik, IMF Bakal Revisi Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2021 (Kompas)

Dana Moneter Internasional (IMF) menilai prospek perekonomian tahun ini diperkirakan akan lebih baik bila dibandingkan dengan proyeksi yang mereka lakukan di Januari lalu. Wakil Direktur Pelaksana Pertama IMF Geoffrey Okamoto mengatakan, membaiknya prospek kinerja perekonomian salah satunya disebabkan oleh tambahan stimulus fiskal yang digelontorkan oleh pemerintah Amerika Serikat (AS), serta prospek vakasinasi yang dilakukan secara lebih meluas. Sebelumnya, pada Januari lalu IMF memproyeksi pertumbuhan ekonomi dunia di tahun 2021 ini sebesar 5,5 persen. Okamoto pun mengatakan, IMF bakal memperbarui proyeksi dalam laporan Outlook Ekonomi Dunia pada bulan April mendatang.

"Kami akan memperbaiki proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia dalam edisi terkini Outlook Ekonomi Dunia yang dirilis pada April mendatang," ujar Okamoto dalam acara China Development Forum sesuai dikutip dari laman resmi IMF, Senin (22/3/2021). Meski demikian, ia mengatakan, proses pemulihan ekonomi global masih belum sempurna. Sebab, meski ada potensi pemulihan yang lebih kuat di paruh kedua 2020, Produk Domestik Bruto (PDB) dunia masih berada di bawah tren sebelum masa pandemi di banyak negara di dunia.

"Proses pemulihan pun cenderung berbeda di setiap negara, serta di beragam sektor," ujar dia.

Sebelumnya, lembaga internasional, Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan atau Organisation for Economic Co-Operation and Development (OECD) juga menjalani revisi atas proyeksi pertumbuhan ekonomi global. Lembaga tersebut optimistis perekonomian dunia dapat meroket di tahun 2021. OECD memperkirakan, pertumbuhan ekonomi dunia tahun ini dapat berada di 5,6 persen yoy (secara tahunan) Prediksi ini lebih tinggi lebih dari 1 poin persen atau 100 bps dari perkiraan di akhir tahun lalu yang sebesar 4,2 persen. “Prospek meningkat seiring dengan tanda aktivitas perdagangan yang meningkat dan kegiatan industri manufaktur yang mulai ekspansi sejak Desember 2020,” ujar OECD dalam laporannya.

(KOM)

Total dibaca: 82x | Berikan Komentar!


Ahmad Taulany
Penulis : Ahmad Taulany
Singing Is Power

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (2)
Nurul Cahyaning
22 Mar 2021, 07:10 WIB

wah, saya baru tahu terimakasih

Ahmad Taulany
22 Mar 2021, 07:10 WIB

superrr sekali yaa?

Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
* Anda tidak memiliki akses untuk meninggalkan komentar *

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

BERITA POPULER

Harus Tahu Cara Pupuk Indonesia Permudah Akses Petani Terhadap Produk Berkualitas