Jago Lagu
Jago Lagu

Parah! Erick Thohir Beberkan Tiga Tantangan Logistik RI

Parah! Erick Thohir Beberkan Tiga Tantangan Logistik RI

Parah! Erick Thohir Beberkan Tiga Tantangan Logistik RI (Cnn)

YukCopas.my.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memaparkan sejumlah tantangan industri logistik dalam menghadapi persaingan global.

Menurut Erick terdapat tiga tantangan bagi industri logistik. Pertama, kerentanan rantai pasok global sesuai kekurangan kontainer dan keterlambatan pengiriman yang sekarang sudah mulai dirasakan.

"Industri logistik Indonesia menghadapi banyak tantangan dan halangan, mengenai kerentanan rantai pasok global yang sekarang sudah dirasakan, container sangat kekurangan," ujar Erick dalam acara bertajuk 'Potret Masa Depan Industri Logistik Indonesia di Era Disrupsi' pada Selasa (23/11).

Erick Thohir Beberkan Tiga Tantangan Logistik RI


Pengusaha Angkat Suara soal Tuntutan Buruh Naikkan UMP

"Kemarin saya baru saja rapat dengan Dubes Korea Selatan yang mana untuk pertama kalinya juga Korea kekurangan urea untuk industri, minta kita ekspor ke sana dan ini hal yang terjadi saat ini," imbuh Erick.


Kemudian, tantangan kedua adalah tekanan perdagangan global akibat penerapan sejumlah kebijakan proteksionisme, perang dagang, dan peningkatan pajak.

"Ini juga sangat mempengaruhi karena kita juga diminta raw material kita, sumber daya alam kita untuk dikirim ke luar negeri sebesar-besarnya. Itu lah hal yang harus kita seimbangkan," kata Erick.

Erick mengatakan bahwa pihaknya tidak anti asing. Namun, penting untuk memastikan target pasar untuk pertumbuhan ekonomi dalam negeri.


Fasilitas Apartemen dan Mobil Dinas Bakal Kena Pajak


Tantangan ketiga yakni kejutan global usai pandemi yang menurunkan permintaan sejumlah komoditas bahan baku industri, produk jadi industri, hingga barang impor dan ekspor.


Menurut Erick, harga komoditas saat ini semakin tinggi dan hal tersebut perlu diantisipasi agar Indonesia siap dalam menghadapi kejutan tersebut.

Erick juga mengingatkan biaya logistik RI masih terbilang tinggi jika dibandingkan dengan negara lain.

"Biaya logistik kita ini masih mahal, 23 persen dari produk domestik bruto (PDB), masih tinggi dibanding negara lain. Singapura dapat 8 persen, India 13 persen, Malaysia 13 persen," ujarnya.


Kadin: Perang Ekonomi Antar Negara Seperti Perang Dunia ke-3

Erick berharap penggabungan Pelindo dapat membantu efisiensi biaya logistik ini. Selain itu, merger juga dapat memberikan manfaat lain yakni pengembangan jaringan pelayanan terintegrasi, peningkatan kapasitas pelabuhan dan percepatan standarisasi operasional, peningkatan akses dan kedalaman kolam Pelabuhan.

"Efisiensi biaya logistik akan memberikan pengaruh kepada meningkatnya perekonomian nasional yang memang kita harus menjadi sentranya dunia, apalagi kita sekarang menjadi presiden G20," pungkas Erick.


Mengutip data Bank Dunia, Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Arif Suhartono mengatakan biaya logistik di dalam negeri memang hingga 23 persen dari total PDB.


Biaya disumbang oleh gudang (inventory) sebesar 8,9 persen, darat 8,5 persen dan laut 2,8 persen, administrasi 2,7 persen dan lainnya 0,8 persen.

Bahlil Proyeksi Ekonomi Tumbuh 5,5 Persen pada Kuartal IV 2021

Berkaitan dengan kontribusi sektor laut, pelabuhan dan pengapalan, Arif mengatakan kontribusinya terhadap total biaya logistik memang kecil hanya 1,4 persen dari 23 persen.

Namun, permasalahan yang terjadi di sektor laut, khususnya pelabuhan, dapat berdampak luas terhadap biaya logistik. Salah satu faktor pemicu biaya logistik tinggi di sektor laut adalah kondisi pelabuhan di dalam negeri yang belum seragam meskisudah banyak yang menarik.


"Ketidak-perform-an pelabuhan akan mendorong cost logistic di darat," katanya dalam rapat kerja dengan komisi VI DPR akhir Juni lalu.

(mrh/sfr)

(CNN)

Total dibaca: 74x | Berikan Komentar!

Hosting Unlimited Indonesia


Oleh: Nurul Cahyaning
No Internet No Life

Cari tahu apa saja yang ada di Internet, dan informasi paling viral hari iniTeknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
* Beli Ketupat Beli Pepaya, Gimana Cara Koment Yaa? *
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

BERITA POPULER

Waduh! 20 Link Twibbon Kibarkan Bendera Merah Putih Sambut Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2021