Jago Lagu
Jago Lagu

Update Terbaru, Mendag Kejar Perdagangan RIUEA Meroket 3 Kali Lipat

Update Terbaru, Mendag Kejar Perdagangan RIUEA Meroket 3 Kali Lipat

Update Terbaru, Mendag Kejar Perdagangan RIUEA Meroket 3 Kali Lipat (Cnn)

YukCopas.my.id - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menargetkan nilai perdagangan jual dan beli antara RI dan Uni Emirat Arab (UEA) dapat naik setidaknya 2-3 kali lipat dari catatan saat ini, yakni US$2,9 miliar per tahun.

Ia menyebut target dapat tercapai lewat perjanjian Indonesia-Uni Emirat Arab Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUEA-CEPA) yang saat ini masih dalam tahap perundingan.

Menyanggupi permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Lutfi mengamini target IUEA-CEPA dapat dirampungkan dalam kurang dari setahun.

Mendag Kejar Perdagangan RIUEA Meroket 3 Kali Lipat


Bursa Saham Jepang Pecah Rekor Usai PM Suga Tidak Ikut Pemilu

"Sekarang ini nilai perdagangan jual-beli senilai US$2,9 miliar dan rencananya setelah penandatangan IUEA-CEPA kita setidaknya dapat menerima 2-3 kali lipat daripada angka tersebut," kata Lutfi pada konferensi pers daring, Jumat (3/9).


Dia mengaku optimis dapat hingga target melihat beberapa bidang yang menjanjikan. Salah satunya, ekspor emas dan perhiasan emas ke UEA.

Menurut Lutfi, emas dan perhiasan emas menjadi komoditas ekspor non-migas kelima terbesar atau setara US$8,2 miliar. Dari total tersebut, 37 persen di antaranya diekspor ke negara transit.

Amazon Buka 55 Ribu Lowongan Kerja di Seluruh Dunia


Beberapa dari negara transit tersebut kemudian menjual emas dari Indonesia lebih murah ke UEA karena memiliki perjanjian perdagangan bilateral.


Ia menyebut negara transit dapat menjual emas dan perhiasan asal Indonesia lebih murah 5 persen daripada UEA membeli langsung dari Indonesia. Dengan memiliki IUAE-CEPA, ia berharap emas dan perhiasan dapat langsung dikirim tanpa negara perantara.


"Di saat bersamaan kita hanya menjual US$76 juta kepada UEA secara langsung karena dengan perjanjian perdagangan tersebut berarti menjual barang-barang indonesia lebih murah 5 persen," ujarnya.

(wel/age)


(CNN)

Total dibaca: 67x | Berikan Komentar!

Hosting Unlimited Indonesia


Oleh: Bambang Pamungkas
Tech Enthusiast

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
* Beli Ketupat Beli Pepaya, Gimana Cara Koment Yaa? *
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

BERITA POPULER

Update, Polisi Gerebek Penjual Miras di TPU Cinehel Usai Mengamankan Remaja Mabuk