Jago Lagu
  • Jumat, 14 May 2021
  •  

Terbaru, Kementan Klaim Food Estate Siap Panen 6 Ton Per Hektare

Terbaru, Kementan Klaim Food Estate Siap Panen 6 Ton Per Hektare

Terbaru, Kementan Klaim Food Estate Siap Panen 6 Ton Per Hektare (Cnn)

YukCopas.my.id - Kementerian Pertanian melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Tengah mengklaim petani di Kalimantan Tengah, khususnya yang berada di kawasan lumbung pangan (Food Estate) tengah bersiap menjalani panen. 

Mereka memperkirakan rata-rata hasil panen hingga 4-6 ton per hektare (ha).

"Kami sudah melihat kondisi lahan dan pertanaman, dan siap dilakukan panen pada minggu pertama Februari sekitar 200-250 hektare," kata Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Tengah Syamsuddin sesuai dikutip dari Antara, Senin (1/2).

Ia menambahkan beberapa petani sebenarnya sudah menjalani panen dengan hasil cukup memuaskan. Salah satunya dilakukan oleh petani padi di Desa Belanti Siam bernama Taufik

Taufik mengklaim berhasil memperoleh panen sekitar 6,4 ton per hektare. Taufik merupakan petani yang tergabung dalam kelompok tani Karya Makmur dengan total lahan yang digarap hingga 100 hektare.


"Varietas yang kami tanam Inpari 42 dan alhamdulillah hasilnya meningkat daripada kemarin. Hasil panen ini juga siap kami gunakan sebagai benih," kata Taufik.


Petugas pengendali organisme pengganggu tumbuhan (POPT) Desa Belanti Siam Edi Subairi menambahkan bahwa di Belanti Siam total lahan yang ada hingga 1.000 hektare dengan hasil panen rata-rata 5,5 ton sampai  5,6 ton per Ha.

Itu ia klaim memuaskan.


Ia tak memungkiri hasil panen di beberapa titik kurang memuaskan. Itu dipicu faktor iklim yang membuat padi roboh sehingga petani panen lebih awal dan hasil tidak maksimal.


Robohnya tanaman padi di beberapa titik tersebut dapat diatasi dengan menjalani tanam pindah sehingga dapat memperkuat akar tanaman.


Secara terpisah, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbang) Fadjry Djufry menyampaikan bahwa sejak awal dimulainya program food estate, pihaknya telah menerjunkan tim terbaiknya dalam menjalani pengkajian, memberikan rekomendasi dan menjalani pendampingan baik kepada pemerintah daerah setempat ataupun langsung kepada petani.

"Food estate adalah program super prioritas, di sini kami juga telah membangun center of excellent yaitu model ideal food estate yang sesuai dengan kondisi petani serta peluang industri. Lokasi tersebut yang akan menjadi pusat percontohan bagi kawasan di sekitarnya," kata Fadjry.

(Antara/agt)


(CNN)

Total dibaca: 164x | Berikan Komentar!


Ahmad Taulany
Penulis : Ahmad Taulany
Singing Is Power

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (1)
Bambang Pamungkas
01 Feb 2021, 07:10 WIB

anjirrr kaget dah!

Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
* Anda tidak memiliki akses untuk meninggalkan komentar *
TOPIK HANGAT

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

BERITA POPULER

Cari Tahu, Baru Satu Bulan Keluar Penjara, Residivis Ini Kembali Tertangkap di Tempat Karaoke