Jago Lagu
Jago Lagu

Sedang Viral, Kecerdasan Buatan Dkk Diprediksi Sumbang Ekonomi 1 Persen

Sedang Viral, Kecerdasan Buatan Dkk Diprediksi Sumbang Ekonomi 1 Persen

Sedang Viral, Kecerdasan Buatan Dkk Diprediksi Sumbang Ekonomi 1 Persen (Cnn)

YukCopas.my.id - Kepala Departemen Ekonomi Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Yose Rizal Damuri menyebut segala yang berhubungan dengan teknologi dan digital, dari internet, aplikasi, robotisasi hingga kecerdasan buatan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Ia menyebut studi yang dilakukan pada 2018 lalu menunjukkan ekonomi RI dapat menerima tambahan pertumbuhan sebesar 1 persen dari pengembangan TI.

"Peningkatan aplikasi teknologi di Indonesia dapat meningkatkan pertumbuhan. Ekonomi memperoleh tambahan sampai 1 persen pada tingkat nasional," ujarnya pada press briefing AIIB secara daring, Kamis (12/8).

Kecerdasan Buatan Dkk Diprediksi Sumbang Ekonomi 1 Persen


Erick Thohir: PLN Refinancing Utang Rp30 Triliun

Ia mengatakan ada korelasi kuat antara penetrasi teknologi dengan pertumbuhan ekonomi. Misal, dari studi perbandingan per daerah menunjukkan bahwa kota atau kabupaten yang memiliki penetrasi tinggi di atas 50 persen cenderung mencetak pertumbuhan ekonomi lebih tinggi rata-rata 0,4 persen dibandingkan daerah berakses internet rendah.


Sehingga, Yosen mengatakan dalam 10 tahun hingga 20 tahun ke depan, pemerintah butuh membangun infrastruktur teknologi digital karena TI bakal dipakai secara massif di seluruh Indonesia.

Ia menyebut ada empat syarat yang harus dipenuhi pemerintah, yaitu mudah diakses, murah (affordable), andal, dan cepat agar memaksimalkan teknologi demi pertumbuhan ekonomi.

AIIB Kucurkan Pinjaman Rp2,1 T Untuk Proyek Satelit Satria-1


Dari adopsi teknologi, ia mewanti-wanti akan ada sektor pemenang dan sektor yang kalah. Dia menilai pemenang dalam digitalisasi adalah otomotif dan keuangan. Sedangkan dampak negatif yakni banyaknya pekerjaan manusia yang akan digantikan oleh mesin.


Sedangkan daerah yang akan menjadi pemenang adalah Pulau Jawa yang memiliki jaringan internet yang jauh lebih baik dibanding daerah lainnya.


(wel/age)

(CNN)

Total dibaca: 166x | Berikan Komentar!

Hosting Unlimited Indonesia


Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

BERITA POPULER

Paling Baru, Cerita Para Putri Gus Dur di Istana Jelang Pemakzulan