Jago Lagu
Jago Lagu

Duh! SKD CPNS di Luar Negeri Berakhir Hari Ini

Duh! SKD CPNS di Luar Negeri Berakhir Hari Ini

Duh! SKD CPNS di Luar Negeri Berakhir Hari Ini (Kompas)

YukCopas.my.id - Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan seleksi kompetensi bagi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) non-guru yang berlangsung di luar negeri berakhir Kamis (28/10/2021).

Sebanyak 473 peserta dari 73 instansi yang dilamar mengikuti ujian seleksi kompetensi di luar negeri. Namun, terdapat beberapa peserta yang dijadwal ulang untuk mengikuti ujian tersebut karena dikonfirmasi positif Covid-19.

"Hari Sumpah Pemuda ini sekaligus hari terakhir pelaksanaan seleksi CASN di tilok LN, berlangsung hingga dini hari nanti sesua zona. Dan bagi mereka yang baru akan tes pada 31 Oktober karena Covid-19 serta peserta Kumham yang masih menunggu jadwal SKD, tetap fokus belajar dan optimis. Semangat," sebut Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan dalam akun Twitternya @abiridwan2173 hari ini.

SKD CPNS di Luar Negeri Berakhir Hari Ini


Dengan berakhirnya pelaksanaan SKD di luar negeri maka para peserta yang lolos nantinya akan berlanjut ke tahapan seleksi kompetensi bidang (SKB). Pengumumam hasil SKD CPNS dan seleksi kompetensi PPPK Non-Guru akan dilakukan mulai 29 Oktober sampai dengan 14 November 2021.

Kemudian, pada 15 November-18 Desember akan dimulai babak pelaksanaan SKB.


Nah bagaimana petunjuk tentang pelaksanaan SKB itu?

Berdasarkan tayangan video dari akun Instagram resmi BKN dipaparkan petunjuk mengenai SKB yakni:

- Ketahui dulu jabatan yang dilamar berkategori jabatan fungsional atau jabatan pelaksana.


- Materi SKB untuk jabatan fungsional disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional.


- Materi SKB untuk jabatan pelaksana yang bersifat teknis dapat menggunakan soal SKB yang sesuai atau masih satu rumpun dengan jabatan fungsional terkait. Contoh, Jabatan Pengolah Bahan Informasi dan Publikasi dapat mempelajari materi Jabatan Pranata Humas.


- Selain materi SKB dengan menggunakan sistem computer assisted test (CAT), ada materi lainnya yang diujikan, sesuai psikotes, tes potensi akademik, tes kemampuan bahasa asing, tes kesehatan jiwa, tes kesegaran jasmani/tes kesamaptaan, tes praktik kerja. Kemudian ada uji penambahan nilai dari sertifikat kompetensi, wawancara, dan tes lain sesuai persyaratan jabatan.

- Selain melaksanakan ujian dengan sistem CAT, untuk instansi pusat dapat menjalani satu tes tambahan dengan jenis lain setelah menerima persetujuan dari menteri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


(KOM)

Total dibaca: 54x | Berikan Komentar!


Oleh: Susi Azizah
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
* Beli Ketupat Beli Pepaya, Gimana Cara Koment Yaa? *
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

BERITA POPULER

Bagaimana Bisa? Jelang PPKM Level 4 Berakhir, Anies Klaim Covid di DKI Turun