Jago Lagu
Jago Lagu

Waduh! Windows 11 Resmi Meluncur, Tampilan Lebih Segar

Waduh! Windows 11 Resmi Meluncur, Tampilan Lebih Segar

Waduh! Windows 11 Resmi Meluncur, Tampilan Lebih Segar (Kompas)

YukCopas.my.id - Setelah muncul beberapa rumornya beberapa waktu lalu, Microsoft akhirnya resmi merilis Windows 11. Acara peluncuran dilakukan secara virtual, Jumat (25/6/2021) dini hari waktu Indonesia.

Perombakan besar-besaran diusung sistem operasi anyar ini, mulai dari desain antarmuka (UI) yang lebih segar dan bersih, pembaruan fitur manajemen jendela tugas, peningkatan kinerja, hingga dukungan aplikasi Android.

Perubahan langsung terlihat pada bagian antarmuka. Terutama di bagian taskbar dan menu start. Menu-menu itu tidak lagi ada kiri, Microsoft menggesernya ke sisi tengah sesuai di antarmuka MacOS.

Windows 11 Resmi Meluncur, Tampilan Lebih Segar


Walhasil sisi kiri bersih tanpa ikon apa pun. Untuk beberapa item, sesuai jam, koneksi, atau baterai letaknya masih ada di sisi kanan taskbar. Sementara itu, menu start berada tepat di tengah.

Menu Start memiliki kolom pencarian yang ada di sisi atas, lalu beberapa aplikasi yang disematkan (pin), serta beberapa aplikasi yang direkomendasikan. Dari menu ini, pengguna dapat mengotak-atik profil serta mematikan komputer.


Tidak hanya di bagian ikon. Microsoft juga mengubah sedikit tampilan jendela tugas yang kini sudut sedikit membulat, alih-alih tajam sesuai windows lama.

Tema UI Windows 11 lebih transparan dengan nuansa aplikasi yang lebih lembut dan terlihat segar. Perubahan ini berdampak cukup signifikan terhadap tampilan Windows 11.

Lihat Foto


GSM Arena


Jendela tugas yang sudutnya sedikit lebih membulat, tidak lagi tajam sesuai di versi Windows sebelumnya.


Selain itu, Microsoft memperkenalkan Snap Layout, Snap Group, dan Desktop yang disebut akan memudahkan pengguna untuk mengatur lebih banyak jendela dan mengaksesnya lebih cepat ketika sedang menjalani multitasking.

Microsoft juga mengintegrasikan aplikasi video konferensinya, Teams langsung ke Windows 11. Teams langsung dapat ditemukan di taskbar sehingga pengguna lebih mudah menemukannya.

Ada pula panel widget yang dapat dimunculkan dari sisi kanan layar. Widget akan memberikan kilas informasi dari semua aplikasi. Windows 11 juga akan mendukung perangkat touchscreen secara khusus.


Apabila sistem mendeteksi perangkat dalam mode touchscreen sesuai tablet, tampilan layout akan berubah. Kinerja pengetikan teks dan suara juga ditingkatkan dengan dukungan mode pengetikan satu tangan.

Bagi pengguna yang menggunakan stylus, juga akan menerima dukungan untuk beberapa model pena tertentu.

Khusus bagi gamer, Microsoft turut membekali fitur auto HDR dari konsol Xbox Series yang akan kompatibel dengan output HDR, bahkan untuk game yang tidak mendukung fitur HDR.


Lihat Foto

GSM Arena

Dukungan terkini untuk Xbox di Windows 11.


Microsoft juga menghadirkan DirectStorage untuk konsol Xbox yang memanfaatkan penyimpanan SSD NVMe dan mempercepat game load secara signifikan. Game Pass, layanan berlangganan untuk game, juga akan terintegrasi dengan Windows 11 melalui aplikasi baru Xbox.

Tidak ketinggalan, Micorosoft juga merombak tampilan toko aplikasi Widnows Store. Tampilan Windows Store menjadi lebih bersih dan menarik dari versi sebelumnya.


Microsoft juga mengumumkan beberapa aplikasi Android yang akan tersedia di Windows Store, dan akan dapat berjalan di Windows 11 tanpa perlu modifikasi khusus, sesuai aplikasi media sosial dan game.

Lihat Foto

GSM Arena

Tampilan Windows Store yang memuat aplikasi Android.

Dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (25/6/2021) Microsoft belum mengungkap tanggal pasti kapan Windows 11 akan dirilis.

Perusahaan yang bermarkas di Redmond itu hanya mengatakan, perilisan diperkirakan akan berlangsung pada musim liburan tahun ini, kemungkinan sekitar bulan November atau Desember, dan akan berlanjut hingga awal 2022.

Versi beta publik akan dirilis lebih dulu minggu depan. Bagi pengguna Windows 10 saat ini, Microsoft menjanjikan pembaruan Windows 11 gratis.

(KOM)

Total dibaca: 186x | Berikan Komentar!


Oleh: Bambang Pamungkas
Tech Enthusiast

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
* Beli Ketupat Beli Pepaya, Gimana Cara Koment Yaa? *
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

BERITA POPULER

Bagaimana Bisa? [POPULER MONEY] Guru Honorer Dapat Subsidi Gaji | Ancaman Pemutusan Listrik Rumah Lukman Sardi