Jago Lagu
Jago Lagu
  • Jumat, 05 Mar 2021
  •  

Waduh! Samsung Umumkan Stylus S Pen untuk Galaxy S21 Ultra, Ada 2 Versi

Waduh! Samsung Umumkan Stylus S Pen untuk Galaxy S21 Ultra, Ada 2 Versi

Waduh! Samsung Umumkan Stylus S Pen untuk Galaxy S21 Ultra, Ada 2 Versi (Kompas)

Jauh hari sebelum peluncuran trio Galaxy S21, S Pen digadang-gadang akan dapat digunakan di lini Galaxy S. Kini, rumor itu resmi terkonfirmasi.

Pena digital S Pen yang biasa hadir di Galaxy Note dan beberapa model Galaxy Tab, kini dapat digunakan di Galaxy S21 Ultra yang baru diperkenalkan Samsung lewat acara "Galaxy Unpacked", Kamis (14/1/2021).

"Untuk pertama kalinya kami memperkenalkan S series yang kompatibel dengan S Pen," kata Charlie McCarren, Global Corporate Strategy dalam acara peluncuran.


Akan tetapi, berbeda dengan Galaxy Note, S Pen di Galaxy S21 Ultra, dijual secara terpisah. S Pen akan dijual bersama dengan back cover.

Sebab, di bodi Galaxy S21 Ultra tidak ada ruang khusus untuk menempatkan S Pen, layaknya Galaxy Note. Sehingga S Pen hanya dapat diselipkan di kompartemen yang ada di back cover.


Samsung juga memperkenalkan dua S Pen independen, yakni S Pen dan S Pen Pro.

S Pen reguler yang kompatibel dengan Galaxy S21 Ultra, memiliki ukuran lebih kecil. Sementara S Pen Pro memiliki ukuran yang lebih besar serta sudah dilengkapi dengan kemampuan Air Action.

Lihat Foto


YouTube/ Samsung

S Pen dan S Pen Pro


Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, M. Taufiq Furqan mengatakan, hadirnya S Pen adalah untuk melengkapi fitur yang ada di Galaxy S21 Ultra, yang notabene model tertinggi di Galaxy S21 series.

Model ini ditargetkan bagi para tech savvy yang menggunakan ponsel tidak hanya untuk berkomunikasi atau bermedia sosial saja, akan tetapi juga untuk berkerja.


"Jadi selain kamera menarik, RAM dan storage lebih besar, S21 Ultra juga dimaksimalkan oleh pengguna dengan S Pen," kata Taufiq kepada KompasTekno.


Taufiq mengatakan bahwa S Pen hanya dapat digunakan di Galaxy S21 Ultra saja, tidak dapat digunakan di model lain, Galaxy S21 dan Galaxy S21 Plus. Fitur S Pen di Galaxy S21 Ultra juga belum sekaya fitur S Pen di Galaxy Note atau Galaxy Tab.

Taufiq mengatakan, S Pen di Galaxy S21 Ultra belum didukung fitur bluetooth low energy (BLE). S Pen dengan BLE hadir pertama kali lewat Galaxy Note 9.

Fitur ini berfungsi sebagai pengontrol kamera dari jarak jauh. Itu berarti, S Pen belum mampu digunakan untuk memotret atau mengontrol kamera dari jarak jauh.


S Pen di Galaxy S21 Ultra baru dapat digunakan untuk menulis atau menggambar di aplikasi Samsung Notes. Bisa juga digunakan untuk menggulir layar atau mempermudah penyuntingan foto.

S Pen akan dijual bersamaan dengan S21 Ultra, sementara S Pen Pro baru akan dijual beberapa bulan ke depan. Kemungkinan S Pen Pro baru dijual sekitar kuartal II 2021.

Galaxy S21 Ultra memiliki tiga varian memori, yakni RAM 12 GB/128 GB yang dijual Rp 18.999.000, RAM 12 GB/256 GB yang dibanderol Rp 19.999.000, dan model tertinggi adalah RAM 16 GB/512 GB yang dijual dengan harga Rp 21.999.000.

Ada dua varian warna yang dapat dipilih, yakni Phantom Silver dan Phantom Black. Samsung sudah membuka pre-order untuk Galaxy S21 Ultra pada 14-27 Januari 2021.

Aktifkan Notifikasimu


Jadilah yang pertama menerima update berita penting, topik menarik, dan informasi lainnya

Aktifkan

Belum berhasil mengaktifkan notifikasi Kompas.com? Klik di sini

(KOM)

Total dibaca: 62x | Berikan Komentar!


Redo Prakoso
Penulis : Redo Prakoso
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (2)
Eko Putra
15 Jan 2021, 07:10 WIB

wah, saya baru tahu terimakasih

Eko Putra
15 Jan 2021, 07:10 WIB

paling viral nih berita yaa

Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
* Anda tidak memiliki akses untuk meninggalkan komentar *

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

BERITA POPULER

Lagi Viral, Pengguna WhatsApp Setor Data ke Facebook Tak Berlaku di Eropa