Jago Lagu
Jago Lagu
  • Minggu, 16 May 2021
  •  

Update, Risiko Cuci Steam Motor Listrik

Update, Risiko Cuci Steam Motor Listrik

Update, Risiko Cuci Steam Motor Listrik (Cnn)

YukCopas.my.id - Motor listrik yang membekali baterai dan mengandalkan sistem penggerak elektrik telah didesain sedemikian rupa oleh produsen aman dari kebocoran air sehingga terbilang aman dicuci konsumen. Meski demikian ada satu dan dua hal yang perlu diperhatikan biar tidak merusak komponen.

Cara mencuci yang direkomendasikan untuk motor listrik yakni bukan steam atau dikenal menggunakan air bertekanan tinggi. Alasannya karena metode steam dikhawatirkan dapat membuat air menyusup ke celah-celah kecil antar komponen hingga mengenai komponen kelistrikan.

Cuci motor listrik United T1800. (CNN Indonesia/Febri Ardani)

Secara umum ada empat komponen motor listrik yang sangat tidak boleh kena air, yaitu colokan cas baterai, baterai, controller, dan MCB (Miniature Circuit Breaker/pemutus sirkuit listrik). Sebelum mencuci konsumen mesti memahami lokasi masing-masing komponen ini buat mengamankannya dari potensi terciprat air.

Misalnya pada skuter listrik baru United T1800, lokasi colokan cas baterai berada di area pijakan kaki pengendara, tertutup penutup yang rapat. Sedangkan lokasi penyimpanan baterai berada pada bagian dek yang dijepit kaki pengendara, ini dilindungi penutup berbahan aluminium yang dilindungi seal karet di sekelilingnya.


Lokasi baterai cadangan, controller, dan MCB di motor listrik United T1800. (CNN Indonesia/Febri Ardani)


Motor ini juga punya lokasi baterai cadangan di bagasi yang tertutup jok. Sementara controller dan MCB juga berada di bagasi, dua komponen ini letaknya lebih dekat ke lampu belakang.

Pada suatu saat konsumen dapat jadi malas mencuci sendiri hingga keputusannya mencuci motor listrik menggunakan metode steam. Bila terpaksa pakai cara ini pastikan semprotan air bertekanan tinggi tidak langsung mengarah ke sela bagian bawah jok yang berpotensi mengenai baterai, controller, atau MCB.


Dari pengalaman CNNIndonesia.com mencoba mencuci T1800 menggunakan metode steam, hasilnya tidak ada masalah berarti. Titik air memang masuk ke area bagasi, akan tetapi jumlahnya sangat sedikit. Walau begitu lolosnya air ini juga mesti diperhatikan konsumen bila memilih menggunakan cara mencuci steam.


Cuci motor listrik United T1800. (CNN Indonesia/Febri Ardani)


"Sebenarnya yang paling riskan kalau dicuci kena controller, sebelah MCB, makanya posisinya ada di situ, paling tinggi. Makanya di situ [area controller] ketutup semua, enggak ada bolongan sama sekali, yang ada bolongan cuma di MCB. MCB juga enggak boleh kena air, sampai banjir enggak boleh," ujar Awan Setiawan Manager E-Motor Division Terang Dunia Nusantara (United Bike).

Menurut Awan komponen sesuai kabel-kabel atau dinamo yang letaknya di pelek ban belakang aman ketika dicuci. Kata dia kabel di T1800 tidak ada sambungan sama sekali.

(fea)


(CNN)

Total dibaca: 132x | Berikan Komentar!


Eko Putra
Penulis : Eko Putra
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (1)
Ayuk Kamila
05 Jan 2021, 07:10 WIB

bagus sekali

Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
* Anda tidak memiliki akses untuk meninggalkan komentar *

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

BERITA POPULER

Tahukah Kamu? Satgas Ingatkan Konsekuensi Hukum Penerobos Penyekatan Mudik