Jago Lagu

Cari Tahu, Ini 10 Daftar NFT Termahal di Dunia

Cari Tahu, Ini 10 Daftar NFT Termahal di Dunia

Cari Tahu, Ini 10 Daftar NFT Termahal di Dunia (Kompas)

YukCopas.my.id - Non Fungible Token (NFT) belakangan menjadi tren di dunia, bahkan Indonesia. NFT yang sudah ada sejak tahun 2014 ini adalah sebuah teknologi kripto, semacam sertifikat digital yang menyatakan keowneran sebuah karya berupa foto, video, atau bentuk virtual lainnya.

Aset-aset dengan NFT akan tercatat dalam blockchain, semacam “buku besar” digital yang mirip dengan jaringan (network) yang mendukung Ethereum, Bitcoin, dan mata aset kripto lainnya.

4+

Ini 10 Daftar NFT Termahal di Dunia


KOMPAS.com: Berita Terpercaya

Baca Berita Terbaru Tanpa Terganggu Banyak Iklan


Dapatkan Aplikasi

Ketika NFT sudah dienkripsi di blockchain pada suatu hal, maka hal tersebut tak lagi dapat direplikasi atau diduplikasi.

Di Indonesia sendiri, baru-baru ini dihebohkan dengan seorang pemuda asal Semarang bernama Ghozali yang meraup miliaran rupiah dari bisnis NFT yang dijalankannya.


Ia menjual NFT Ghozali Everyday, yang merupakan kumpulan foto selfie dirinya sejak tahun 2017-2021. NFT foto selfie itu dijual di marketplace NFT, Opensea.


Dalam kurun waktu setahun pun bahkan terdapat beberapa NFT terjual dengan harga yang cukup fantastis.


Selain NFT Ghozali yang dijual hingga miliaran, berikut ini KompasTekno merangkum 10 daftar NFT termahal di dunia yang pernah dijual, dihimpun dari Dexerto, Jumat (14/1/2022).

1. CryptoPunk #5217

Lihat Foto


dexerto

NFT cryptopunk

Urutan pertama daftar NFT termahal datang dari CryptoPunk. NFT ini merupakan karya seni berupa gambar seekor kera dengan topi rajut dan rantai emas.


NFT ini termasuk paling langka di pasar dan tercatat dijual seharga 5,59 juta dollar AS atau setara dengan Rp 80 miliar.

2. Beeple’s Ocean Front

Lihat Foto

dexerto

NFT Ocean Front


NFT termahal di dunia berikutnya dimiliki oleh Beeple. Ia merupakan seorang seniman digital asal Amerika Serikat yang mengerjakan berbagai karya seni.

Salah satunya karya seni NFT yang dibuatnya yaitu Beeple’s OceanFront yang menggambarkan penggabungan gambar sebuah container, caravan, dan sebuah pohon yang berdiri di tengah laut. Karya seni NFT ini dijual dengan harga 6 juta dollar AS setara dengan Rp 85 miliar.

3. XCopy’s A Coin for the Ferryman

Salah satu NFT termahal di dunia berikutnya adalah karya bertajuk XCopy’s A Coin for the Ferryman. Karya yang dibuat tahun 2018 ini berbentuk GIF dengan coretan wajah yang ekspresinya berubah-ubah.

Karya NFT ini mulai dijual pada 4 November 2021 dan saat ini harga XCopy’s A Coin for the Ferryman bernilai 6,034 juta dollar AS setara Rp 86 miliar.

4. Beeple’s Crossroad

NFT termahal di dunia berikutnya adalah Beeple’s Crossroad, NFT berbentuk video pendek berdurasi 10 detik.


Video ini menampilkan orang-orang yang berjalan melewati sebuah tubuh besar manusia yang jatuh dengan berbagai tulisan hinaan di tubuhnya.

NFT ini menampilkan sebuah video yang cukup berbeda dengan karya seni NFT lainnya yang biasanya berupa JPEG. Harga yang dibanderol pun hingga 6,6 juta dollar AS setara dengan Rp 94,4 miliar.

5. CryptoPunk #7804

Lihat Foto

dexerto

NFT CryptoPunk 7804

Daftar NFT termahal di dunia kelima adalah karya lain dari CryptoPunk. Karya kali ini bukan bergambar binatang, melainkan alien bertopi dan menghisap pipa. Karya ini dibanderol dengan harga yang cukup fantastis yaitu 7,6 dollar AS setara dengan Rp 108 miliar.

6. CryptoPunk #3100

Lihat Foto

dexerto

NFT CryptoPunk 3100

Lagi-lagi, karya dari CryptoPunk menjadi salah satu item NFT termahal di dunia. Karya seni NFT ini merupakan salah satu NFT paling langka. Karya ini menggambarkan sosok alien yang memakai ikat kepala. CryptoPunk #3100 memiliki harga 7,67 juta dollar AS setara Rp 109 miliar.

7. CryptoPunk #7523

Lihat Foto

dexerto

NFT CryptoPunk 7523

Satu lagi karya CryptoPunk yang menjadi NFT termahal di dunia. NFT ini merupakan koleksi CryptoPunk paling mahal dan cukup langka dari lainnya, Karya ini dibanderol dengan harga 11,75 juta dollar AS setara dengan Rp 168 miliar.

8. Beeple’s HUMAN ONE

NFT termahal di dunia berikutnya adalah Beeple’s HUMAN ONE yang dijual dengan harga 28,985 juta dollar AS setara dengan Rp 414 miliar.

Pada 9 November 2021 HUMAN ONE bahkan dijual dengan 30 juta dollar AS setara dengan Rp 429 miliar.

9. Everydays: the First 5000 Days

Lihat Foto

dexerto

NFT Everyday

Salah satu karya seni NFT termahal di dunia ini merupakan sebuah kumpulan karya kolase yang telah dibuat oleh Beeple sejak tahun 2007. NFT ini terjual dijual dengan 69,3 juta dollar AS setara dengan Rp 992 miliar.

10. Pak’s ‘The Merge’

The Merge menjadi NFT termahal di dunia yang pernah terjual sepanjang 2021. The Merge terjual dengan hampir 30.000 kolektor bergabung dengan total biaya 91,8 juta dollar AS setara dengan Rp 1 triliun.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

(KOM)

Total dibaca: 39x | Berikan Komentar!


Oleh: Redo Prakoso
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
* Beli Ketupat Beli Pepaya, Gimana Cara Koment Yaa? *
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

BERITA POPULER

Update Terbaru, Cara Daftar Advanced Server FF 18 November 2021, Login ffadvance.ff.garena.com