Jago Lagu

Bagaimana Bisa? Bos Pfizer Sebut Efikasi Vaksin Turun 84 Persen Usai 6 Bulan

Bagaimana Bisa? Bos Pfizer Sebut Efikasi Vaksin Turun 84 Persen Usai 6 Bulan

Bagaimana Bisa? Bos Pfizer Sebut Efikasi Vaksin Turun 84 Persen Usai 6 Bulan (Cnn)

YukCopas.my.id - Boz Pfizer mengakui efektivitas vaksin Covid-19 buatan perusahaannya akan turun jadi 84 persen setelah empat hingga enam bulan dari suntikan kedua.

CEO Pfizer Albert Bourla menyeubt hal ini berdasarkan hasil studi yang didanai perusahaan. Namun, studi itu belum menerima ditinjau rekan sejawat. Penelitian dibuat setelah muncul perdebatan antara otoritas kesehatan Amerika Serikat dengan pembuat obat tentang perlu atau tidak menjalani suntikan ketiga guna mendorong tambahan imunitas.

Hasil studi menyatakan efektivitas vaksin terkuat sebesar 96,2 persen didapat pada pekan pertama dan dua bulan setelah suntikan kedua. Secara bertahap perlindungan ini turun rata-rata 6 persen tiap dua bulan.

Bos Pfizer Sebut Efikasi Vaksin Turun 84 Persen Usai 6 Bulan


"Efikasi setelah empat hingga enam bulan sekitar 84 persen," jelas Bourla dalam wawancara dengan CNBC. 

Studi ini dialkukan terhadap 44 ribu orang di AS dan negara lain. Pada kuartal kedua 2021, Pfizer menjual US$7,8 miliar vaksin Covid-19.


"Kami juga sudah melihat data dari Israel yang menunjukkan penurunan imunitas dan mulai berdampak pada perlindungan cegah masuk rumah sakit 100 persen. Setelah enam bulan perlindungan (ke RS) jadi 90 rendah dan 80 tinggi-menengah," tambahnya.

Efek Sinovac Berkurang 6 Bulan, Pakar Sarankan Booster mRNA

"Kabar baiknya, kami sangat yakin dosis ketiga, booster, akan meningkatkan respons imun ke tingkat yang cukup melindungi dari varian Delta."


Meski demikian, menurut Bourla situasi penurunan efektivitas vaksin ini tidak umum.


Mengutip AFP, suntikan ketiga vaksin Pfizer di AS akan dilakukan pada pertengahan Agustus. Namun, awal bulan lalu rencana Pfizer memberikan suntikan ketiga ditentang oleh FDA dan CDC karena menurut mereka warga yang sudah dua kali suntik belum perlu suntikan ketiga.


Data Efikasi Vaksin Pfizer Israel vs Inggris Kontradiktif

WHO juga tidak menyarankan menjalani vaksinasi ketiga saat ini sebab belum cukup banyak studi dan data untuk menguatkan ungkapan tersebut.

Hasil studi yang didanai Pfizer ini muncul sehari setelah CDC merekomendasikan agar warga AS yang sudah divaksin dua kali akan tetapi tinggal di daerah dengan tingkat infeksi Covid yang tinggi untuk tetap mengenakan masker. (eks)


(CNN)

Total dibaca: 68x | Berikan Komentar!

Hosting Unlimited Indonesia


Oleh: Nina Vina Lovenya
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
* Beli Ketupat Beli Pepaya, Gimana Cara Koment Yaa? *
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

BERITA POPULER

Cari Tahu, Top 3 Sports: Barcelona Menuju Kehancuran, Brugge Imbangi PSG