Jago Lagu

Tidak Disangka, Obat terkait Covid19 Langka dan Mahal, Luhut: Kita Jangan Diatur oleh Orangorang Serakah!

Tidak Disangka, Obat terkait Covid19 Langka dan Mahal, Luhut: Kita Jangan Diatur oleh Orangorang Serakah!

Tidak Disangka, Obat terkait Covid19 Langka dan Mahal, Luhut: Kita Jangan Diatur oleh Orangorang Serakah! (Kompas)

YukCopas.my.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberi peringatan kepada seluruh produsen obat-obatan untuk tidak memainkan harga jual di pasar.

Luhut minta dalam kurun waktu tiga hari seluruh pasokan obat-obatan terkait Covid-19 sudah dikeluarkan dan harganya harus juga sudah turun. Jika tidak, ia mengancam akan merazia gudang-gudang obat tersebut.

"Saya tekankan apabila dalam 3 hari ke depan kami masih dapatkan harga-harga yang cukup tinggi atau terjadi kelangkaan, maka kami akan mengambil langkah-langkah tegas dengan merazia seluruh gudang-gudang mereka yang sudah kami identifikasi keberadaannya," ungkap dia dalam konferensi pers virtual, Senin (5/7/2021).

Obat terkait Covid19 Langka dan Mahal, Luhut: Kita Jangan Diatur oleh Orangorang Serakah!


Sebagai Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali, Luhut pun meminta untuk Porli dan Polda menjalani patroli terhadap gudang-gudang obat untuk memastikan tak ada yang menimbun, sehingga pasokan obat terkait Covid-19 dapat cukup di pasaran.

"Saya ulangi, paling lambat Rabu, jadi Kamis tidak boleh terjadi kelangkaan (obat)," tegas Luhut.


Ia mengakui, bahwa banyak produsen yang masih mengambil untung dengan cara menaikkan harga obat melampaui harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

Seperti diketahui, pemerintah telah mengatur HET 11 obat terkait Covid-19 yang tertuang dalam Keputusan Menkes Nomor HK.01.07/MENKES/4826/2021 dan diteken pada 2 Juli 2021 lalu.

"Aturan HET obat-obatan ini telah dibuat dan itu telah dihitung dengan cermat, jadi pasti perusahaan tidak akan dirugikan. Tapi jangan juga (perusahaan) ambil keuntungan dari kesulitan masyarakat saat ini," kata Luhut.


Oleh sebab itu, Luhut menegaskan, untuk aparat harus dapat mengambil tindakan tegas bagi pihak-pihak yang terbukti menjalani penimbunan dan memainkan harga obat-obatan.


"Kita jangan mau diatur oleh orang-orang yang serakah, saya tekankan hal ini, kita harus tindak tegas. Kita sudah peringatkan dan jika peringatan tidak dengarkan maka kita akan tindak tegas," pungkasnya.


(KOM)

Total dibaca: 85x | Berikan Komentar!

Hosting Unlimited Indonesia


Oleh: Eko Putra
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
* Beli Ketupat Beli Pepaya, Gimana Cara Koment Yaa? *
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

BERITA POPULER

Lagi Viral, Luhut: Selama Covid19 Masih Jadi Pandemi, PPKM Tetap Diterapkan