Jago Lagu
Jago Lagu
  • Kamis, 22 Apr 2021
  •  

Cari Tahu, Sistem Kliring Bank Sentral AS Terganggu, Layanan Keuangan Terdampak

Cari Tahu, Sistem Kliring Bank Sentral AS Terganggu, Layanan Keuangan Terdampak

Cari Tahu, Sistem Kliring Bank Sentral AS Terganggu, Layanan Keuangan Terdampak (Kompas)

YukCopas.my.id - Bank sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve, alami gangguan sistem dalam beberapa jam, Rabu (24/2/2021) waktu setempat.

Gangguan tersebut salah satunya terkait dengan sistem pengiriman uang elektronik untuk institusi keuangan. Dilansir dari CNBC, Kamis (25/2/2021) kesalahan operasional berdampak terhadap beberapa hal, termasuk di dalamnya sistem clearinghouse otomatis yang sangat penting, yang menghubungkan penyimpanan dan lembaga terkait yang mengirimkan kredit elektronik dan transfer uang. The Fed pun menyatakan tidak ada indikasi terkait adanya kecurangan terkait gangguan tersebut.

Selain layanan clearinghouse, sistem lain yang terkena dampak termasuk di dalamnya Account Services, Central Bank, Check 21, Check Adjustments, FedACH, FedCash, FedLine Advantage, FedLine Command, FedLine Direct, FedLine Web, Fedwire Funds, Fedwire Securities, serta National Settlement. Keterangan dari The Fed menjelaskan, bank sentral tersebut menyadari adanya gangguan pada pukul 11.15 waktu Eastern Time (ET) dan baru kembali beroperasi normal pukul 14.45 ET.

"Fedwire Funds Service, Fedwire Securities Service, dan National Settlement Service telah dapat beroperasi normal," ujar The Fed.

Di dalam pernyataan resmi dijelaskan, gangguan sistem tersebut berdampak terhadap jangka waktu pembayaran. The Fed pun mengatakan bakal mengomunikasikan hal tersebut kepada pengguna layanan mereka. Gangguan tersebut terjadi di pekan yang sama dengan Gubernur The Fed, Jerome Powell berbicara dengan legislator di Capitol Hill terkait kemajuan bank sentral dalam hal sistem dan upaya mereka mengembangkan dollar digital.


Powell pun mengatkan tahun ini merupakan tahun yang penting terkait pengembangan program tersebut. Untuk diketahui, The Fed telah mengembangkan sistem layanan pembayaran digital dalam beberapa tahun. Layanan terrsebut diharapkan dapat membantu orang-orang yang belum tersentuk layanan perbankan dapat mengakses layanan sistem pembayaran. Adapun gangguan sistem, terutama untuk sistem ACH dapat memiliki dampak yang luas. Sebab, sistem tersebut mengendalikan pembayaran langsung payroll, bantuan sosial, serta pengembalian Pajak Penghasilan (PPh), sekaligus pembayaran otomatis terkait mortgage serta taguhan lainnya.

(KOM)

Total dibaca: 93x | Berikan Komentar!


Putri Cantika
Penulis : Putri Cantika
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (1)
Ahmad Taulany
25 Feb 2021, 07:10 WIB

maaf telat yaah

Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
* Anda tidak memiliki akses untuk meninggalkan komentar *

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

BERITA POPULER

Waduh! Ini Tarif Rapid Test Antigen di 7 Bandara Indonesia