Jago Lagu

Cari Tahu, Di Rapat DPR, Sri Mulyani Bicara Cari Utang dari Luar Negeri hingga SWF di 2022

Cari Tahu, Di Rapat DPR, Sri Mulyani Bicara Cari Utang dari Luar Negeri hingga SWF di 2022

Cari Tahu, Di Rapat DPR, Sri Mulyani Bicara Cari Utang dari Luar Negeri hingga SWF di 2022 (Tribun)

YukCopas.my.id - Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Keuangan memproyeksikan total pembiayaan sebesar Rp 1.177,4 triliun dari utang Rp 1.006,4 triliun dan investasi Rp 171 triliun dalam asumsi ekonomi makro untuk postur APBN 2022.

Menteri Keuangan Sri Mulyani membicarakan cara untuk mencari pembiayaan lewat utang dari kerja sama luar negeri hingga Sovereign Wealth Fund (SWF).

Di Rapat DPR, Sri Mulyani Bicara Cari Utang dari Luar Negeri hingga SWF di 2022


"Baik melalui domestik yaitu SBN (surat berharga negara, red) juga SBSN (surat berharga syariah negara,red) juga dari global, dari global pun kita akan diversifikasi berdasarkan mata uang dan dari sisi maturity-nya. Kita juga akan kombinasikan dengan sumber pembiayaan bilateral, multilateral, juga equity financing melalui Sovereign Wealth Fund (SWF) kita," ujarnya saat rapat kerja bersama Komisi XI di Gedung DPR, Rabu (2/6/2021).

Sri Mulyani menjelaskan, pemerintah berupaya mencari utang dan sumber pembiayaan lain untuk menutup defisit tahun depan.


"Dengan defisit yang masih diatas 4 persen, kita tentu akan menjaga. Terutama dengan tren global environment, di mana kemungkinan inflasi dan suku bunga global akan meningkat, tak serendah sesuai selama ini kita lihat," katanya.

Karena itu, dia menambahkan, maka pemerintah juga harus semakin hati-hati di dalam mendesain defisit dan pembiayaannya.

"Kita dalam hal ini pragmatis oportunistik, tapi prudent, kita akan lihat sumber-sumber pembiayaan yang masih merupakan refleksi dari diversifikasi pembiayaan kita yang hati-hati. Kita juga akan melihat dana-dana investasi yang selama ini sudah diakumulasi, performance-nya harus semakin baik," pungkas Sri Mulyani.


(TRI)

Total dibaca: 243x | Berikan Komentar!


Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

BERITA POPULER

Waduh! Pemkot Ambon Minta Bantuan Pusat untuk Bangun RSUD, Begini Tanggapan Menko Airlangga