Jago Lagu
Jago Lagu
  • Jumat, 14 May 2021
  •  

Wow! Bolehkah Berolahraga Pagi Setelah Sahur? Begini Kata Dokter Soal Olahraga yang Efektif Saat Berpuasa

Wow! Bolehkah Berolahraga Pagi Setelah Sahur? Begini Kata Dokter Soal Olahraga yang Efektif Saat Berpuasa

Wow! Bolehkah Berolahraga Pagi Setelah Sahur? Begini Kata Dokter Soal Olahraga yang Efektif Saat Berpuasa (Tribun)

YukCopas.my.id - Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alivio

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berpuasa di bulan suci Ramadan merupakan ibadah wajib bagi umat Muslim.

Menjalankan puasa bukan berarti tidak dapat menjalani kegiatan olahraga.

Olahraga tetap dapat dijalnkan meski polanya berubah.

Ketika berpuasa, kita tidak memperoleh asupan cairan sehingga berolahraga membuat tubuh rentan dehidrasi.


Tapi, ada beberapa pilihan waktu dan cara berolahraga yang dapat dipilih selama bulan Ramadhan sehingga rutinitas olahraga tak akan terganggu meski menjalankan ibadah puasa Ramadhan.


Karena itu, agar tetap produktif dan ibadah puasanya lancar, dr. A. Andi Kurniawan, Sp. KO selaku spesialis kedokteran olahraga membeberkan waktu dan cara yang efektif ketika sedang berpuasa.

"Pada saat berpuasa tentu olahraga yang biasanya dikukan sebelum puasa, tetap dapat dilakukan hanya saja intensitasnya dikurangin," kata dr Andi menggelar live Instagram, Senin, (19/4/2021).


Dr Andi menyarankan, untuk olahraga kardio sebaiknya pilih gerakan intensitas ringan dan batasi durasinya hanya sekitar 30 menit setiap hari.

Tubuh akan dehidrasi ketika berpuasa, sehingga kita akan menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi, terutama jika olahraga dilakukan sebelum buka puasa.


"Misalnya lari kenceng sama lari pelan, jogging, dan jalan cepat itu adalah intensitas atau berat ringannya kita berolahraga," katanya.


"Jadi intensitasnya dikurangi, durasinya mungkin maksimum 30 menit cukup," tambahnya.

Selain itu, menurutnya, menjalani kegiatan sehari-hari saat berpuasa sudah sangat efektif tanpa harus menjalani olahraga sekali dan sisanya istirahat.


"Sebenarnya kalo kita jalankan kegiatan sehari-hari saat puasa itu efektif, dibanding harus olahraga sekali 30 menit, terus sisanya tidur," bebernya.

Untuk waktu yang tepat ia menyarankan 60 menit menjelang berbuka puasa atau setelah makan malam.

"Olahraga 60 menit sebelum buka puasa, jadi pas buka cairan tubuh yang hilang dengan air dapat kita isi setelah berbuka, jadi tidak dehidrasi," ungkapnya.


Selain itu, ia menyarankan ketika berpuasa alangkah baiknya menjalani olahraga ringan apabila ingin dilakukan saat pagi hari.

"Olahraga pagi setelah sahur tak apa-apa, tapi jangan terlalu berat, takutnya menyebabkan ngantuk atau dehidrasi," katanya.

Adapun Jenis olahraga yang tepat dilakukan pagi hari saat berpuasa adalah olahraga ringan sesuai latihan ketahanan, repetisi rendah, beban ringan, hingga banyak menjalani pemanasan.

(TRI)

Total dibaca: 35x | Berikan Komentar!


Bayu Setiawan
Penulis : Bayu Setiawan
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (1)
Bambang Pamungkas
20 Apr 2021, 15:10 WIB

infonya selalu update yah

Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
* Anda tidak memiliki akses untuk meninggalkan komentar *
TOPIK HANGAT

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

BERITA POPULER

Ternyata BSSN: Strategi Keamanan Siber dan Perlindungan Data Perlu Libatkan Semua Pemangku Kepentingan