Jago Lagu
Jago Lagu

Bagaimana Bisa? Fitur Baru MIUI Bakal Bikin Ponsel Xiaomi Seperti iPhone

Bagaimana Bisa? Fitur Baru MIUI Bakal Bikin Ponsel Xiaomi Seperti iPhone

Bagaimana Bisa? Fitur Baru MIUI Bakal Bikin Ponsel Xiaomi Seperti iPhone (Kompas)

YukCopas.my.id - Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, Xiaomi rajin meluncurkan pembaruan software antarmuka (user interface/UI), MIUI garapannya.

Sebelum merilis ke pengguna, perusahaan rintisan Lei Jun ini kerap menjalani uji coba fitur-fitur baru MIUI selanjutnya, melalui saluran beta. Salah satu fitur baru yang sedang diuji coba Xiaomi saat ini adalah MIUI Pure Mode.

Lantas, apa itu fitur MIUI Pure Mode di Xiaomi?

Fitur Baru MIUI Bakal Bikin Ponsel Xiaomi Seperti iPhone


MIUI Pure Mode adalah sebuah fitur yang memungkinkan software MIUI menon-aktifkan aplikasi yang di-install dari luar dari toko aplikasi resmi (sideloading), secara default.

Artinya, pengguna yang menerapkan MIUI Pure Mode ini tidak dapat mengunduh atau memasang aplikasi dari sumber selain toko aplikasi resmi. Dengan kata lain, pengguna tidak dapat sideloading atau memasang aplikasi lewat file APK.


Selain itu, MIUI Pure Mode ini juga akan menghentikan pemasangan aplikasi di latar belakang (background installation) tanpa sepengetahuan pengguna.

Seperti iPhone

Dengan fitur ini, Xiaomi ingin mengatasi melindungi pengguna dari masalah keamanan yang mungkin terjadi, bila pengguna meng-install aplikasi berbahaya dari sideloading.


Sebab, menurut vendor ponsel China itu, sekitar 40 persen aplikasi yang di-install menggunakan penginstal MIUI default belum lulus audit keamanan Xiaomi.


Xiaomi juga menyebut 10 persen aplikasi yang dipasang menggunakan penginstal MIUI terdeteksi memiliki risiko keamanan.


Lihat Foto

BGR.com

Xiaomi Redmi 10 Prime


Bila fitur ini benar-benar hadir, ponsel yang mengaktifkan MIUI Pure Mode nantinya akan senasib dengan iPhone, yakni sama-sama tidak dapat sideloading.

Meski demikian, Xiaomi menegaskan bahwa MIUI Pure Mode ini bentuknya adalah opsi pengaturan. Jadi, pengguna dapat memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.

Fitur MIUI Pure Mode ini dilaporkan telah secara terbatas diuji di China selama lima hari, dimulai sejak 6 September lalu. Setiap harinya ada sekitar 1.000 perangkat dan penguji beta yang disetujui untuk menjajal fitur baru MIUI Pure Mode ini.



Sebagai informasi, Xiaomi belum lama ini telah merilis MIUI 12.5 Enhanced Edition. Pembaruan ini merupakan peningkatan dari MIUI 12.5 "reguler" yang dirilis pada Desember 2020 lalu.

Peningkatan yang dibawa dalam MIUI 12.5 Enhanced Edition berfokus pada aspek performa. Misalnya, membuat ponsel hemat daya dan cepat, memperlambat penuaan ponsel, hingga membuat pengalaman pengggunaan ponsel yang lebih mulus.

Setelah MIUI 12.5 Enhanced Edition, Xiaomi disinyalir juga akan merilis MIUI 13 dalam beberapa waktu mendatang, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Rabu (8/9/2021).

(KOM)

Total dibaca: 151x | Berikan Komentar!

Hosting Unlimited Indonesia


Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

BERITA POPULER

Bagaimana Bisa? Rumor Transfer: Ronaldo Bisa Buat Marah Pendukung Man Utd