Jago Lagu
Jago Lagu

Paling Baru, Jokowi Respons Kritik Kebijakan Pandemi Berubahubah: Virus Bermutasi

Paling Baru, Jokowi Respons Kritik Kebijakan Pandemi Berubahubah: Virus Bermutasi

Paling Baru, Jokowi Respons Kritik Kebijakan Pandemi Berubahubah: Virus Bermutasi (Cnn)

YukCopas.my.id - Presiden Joko Widodo mengatakan kebijakan pemerintah yang terkesan berubah-ubah selama menangani pandemi Covid-19 wajar lantaran Virus Corona terus bermutasi dan memunculkan varian baru.

"Banyak yang bertanya ini kok pemerintah ini kayak bingung, berubah-ubah. Lha wong penyakitnya, virusnya, juga berubah-ubah kok. Bermutasi, berubah-ubah," kata Jokowi dalam arahannya kepada Kepala Kesatuan Wilayah Polri dan TNI di Bali, Jumat (3/12).

Selama berjibaku menghadapi pandemi Covid-19, pemerintah memang kerap mengubah-ubah kebijakan. Misalnya saja, pada awal pandemi, pemerintah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB.

Jokowi Respons Kritik Kebijakan Pandemi Berubahubah: Virus Bermutasi


Jokowi Minta Waspadai Ancaman Varian Omicron, Sudah di Negeri Jiran

Kemudian, seiring berjalannya waktu, saat penyebaran virus melandai, pemerintah mengubah kebijakannya jadi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.


Pemerintah lalu menerapkan kebijakan PPKM darurat untuk merespons lonjakan kasus Covid-19 pada pertengahan tahun ini. Berikutnya, pemerintah saat ini menerapkan PPKM berbasis level.

Menurut Jokowi, perubahan kebijakan dalam menangani pandemi ini merujuk pada situasi Covid-19 di tanah air.

"Kalau strategi kita tetap ya ditinggal sama virusnya kita. Kenapa kita berubah strategi, lapangan karena virusnya ini bermutasi, berubah-ubah. Pakai cara ini tidak dapat, pakai cara ini tidak dapat. Selalu berubah," paparnya.


Ia mengklaim kebijakan yang berubah ini berdampak positif kepada kondisi perekonomian nasional sebab ada beberapa sektor publik dilonggarkan. Jokowi menuturkan ekonomi nasional yang sempat anjlok karena Covid-19 kini mulai membaik.


Mantan Wali Kota Solo itu pun bersyukur saat ini Indonesia mulai berhasil menangani pandemi karena penularan mulai melandai. Namun, ia tetap meminta seluruh pihak mewaspadai kemunculan virus corona varian Omicron yang disebut dapat lebih cepat menular.


"Hati-hati yang namanya sekarang ini ancaman gelombang keempat varian Omicron. Hati-hati. Tadi pagi saya sudah dapat kabar, sudah sampai ke Singapura," kata Jokowi.

Pemerintah Imbau Masyarakat Waspada Hoaks Varian Baru Omicron

(dmi/ugo)


(CNN)

Total dibaca: 276x | Berikan Komentar!

Hosting Unlimited Indonesia


Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

BERITA POPULER

Cari Tahu, Di Rapat DPR, Sri Mulyani Bicara Cari Utang dari Luar Negeri hingga SWF di 2022