Jago Lagu
  • Kamis, 22 Apr 2021
  •  

Info Terkini, Kebijakan Wali Kota Hendi Antar Semarang Jadi Pilot Project Pendataan Keluarga

Info Terkini, Kebijakan Wali Kota Hendi Antar Semarang Jadi Pilot Project Pendataan Keluarga

Info Terkini, Kebijakan Wali Kota Hendi Antar Semarang Jadi Pilot Project Pendataan Keluarga (Kompas)

YukCopas.my.id - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengapresiasi kebijakan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang berhasil menurunkan angka kematian ibu, bayi, dan kasus stunting di Kota Semarang.

“Kebijakan Pak Wali Kota sangat baik. Semua kelurahan punya bidan dan ibu hamil juga memiliki sistem pengawalan. Saya optimis (Kota) Semarang dapat jadi contoh,” kata Hasto saat berkunjung ke Balai Kota Semarang, Jumat (5/3/2021).

Karena kebijakan yang cemerlang tersebut, Ketua Percepatan Penurunan Stunting Nasional itu pun menunjuk Kota Semarang sebagai pilot project pendataan keluarga.

“Pilot project ini penting sebagai basis data agar tercipta zero stunting,” ujarnya.

Program tersebut, lanjut Hasto, akan bergulir 1 April 2021 mendatang. Pendataan keluarga akan dimulai dengan kunjungan lapangan guna memastikan data kependudukan, sesuai jumlah dan jarak anak, angka kemiskinan, keberadaan ibu hamil, hingga kondisi stunting di keluarga.


Ketika ditanya mengenai ungkapan pemilihan Kota Semarang, Hasto mengatakan, Semarang merupakan contoh kota yang baik dalam upaya penurunan angka kematian ibu, bayi, dan kasus stunting.


“Kami pergi ke daerah-daerah ini untuk meminta dukungan dan masukan dari para pemimpin daerah, agar semua kasus stunting dapat kita sentuh,” ungkap Hasto dalam keterangan tertulisnya, Jumat.

Hasto memaparkan, dari jumlah penduduk Kota Semarang sebanyak 1,7 juta jiwa, kasus balita yang mengalami stunting sangatlah kecil jika dibandingkan dengan kasus di kota-kota lain.


“Insya Allah Kota Semarang bersama Pak Wali Kota dapat menjadi contoh yang baik bagi kita semua,” harapnya.


Menanggapi penunjukan tersebut, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi atau Hendi menyambut antusias. Pihaknya berjanji akan membantu program BKKBN pusat semaksimal mungkin.


“Kami berterima kasih kepada Kepala BKKBN yang telah memberikan dukungan dan rencana program untuk pilot project, terutama yang berkaitan dengan angka kematian ibu dan anak,” ucapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang telah menetapkan persoalan stunting dan penurunan angka kematian ibu hamil dan bayi sebagai fokus program jangka pendek.

Melalui dukungan dan program dari BKKBN, Hendi yakin penurunan angka stunting dan kematian ibu dan bayi akan segera teratasi.


(KOM)

Total dibaca: 54x | Berikan Komentar!


Bambang Pamungkas
Penulis : Bambang Pamungkas
Tech Enthusiast

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
* Anda tidak memiliki akses untuk meninggalkan komentar *

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

BERITA POPULER

Hmmm, Butuh Waktu Lama Buat Lucas Moura Cetak Gol Lewat Tendangan Bebas Lagi